Follow detikFinance
Kamis, 08 Nov 2018 17:19 WIB

Pedagang Sebut Pasokan Beras Medium dari Daerah Kosong

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Dok Kementan Foto: Dok Kementan
Jakarta - Saat ini stok beras di pasar induk beras cipinang (PIBC) lebih didominasi beras premium ketimbang beras medium. Hal itu merupakan salah satu penyebab terjadinya kelangkaan beras medium sehingga harganya naik.

"Sekarang ini terjadi kelangkaan beras medium, cuma beras premiumnya yang lebih banyak" jelas seorang pedagang beras di PIBC, Zulkifli di lapaknya (8/11/2018).


Berlebihnya stok beras premium juga disebabkan oleh konsumsi masyarakat. Masyarakat lebih memilih untuk mengkonsumsi beras medium daripada beras premium.

"70% peminat masyarakat adalah beras medium nah sekarang beras medium ini yang nggak ada (kurang), yang ada premium" tambahnya.

Berlebihnya stok beras premium juga disebabkan oleh rendahnya konsumsi beras premium. Sangat jarang digunakan sebab beras premium itu untuk kalangan atas.

"Yang menggunakan beras medium itu rakyat menengah ke bawah kayak tempat makan warteg, untuk restoran menengah ke atas pasti gunain beras yang bagus beras premium semua" ucapnya.


Pasokan dari daerah juga mengalami penurunan. Hal ini disebabkan daerah-daerah pemasok beras mengalami kekurangan.

"Medium ini kan beras langka, beras juga nggak ada (kekurangan) di daerah, sedangkan permintaan konsumen itu tinggi, yang ada malah (beras) premium" tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed