Follow detikFinance
Jumat, 09 Nov 2018 17:19 WIB

Sri Mulyani: Menkeu Perempuan akan Lebih Baik dari Laki-laki

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa perempuan diciptakan berbeda dengan laki-laki. Perbedaan itu pun yang membuat perempuan lebih unggul di beberapa bidang.

Dia menceritakan, menjabat sebagai menteri keuangan bukan pekerjaan yang mudah, di mana harus bisa multi tasking. Pada saat menjalankan APBN 2018, maka pada saat yang bersamaan pun harus menyiapkan laporan APBN tahun 2017 dan menyiapkan rencana APBN 2019.

"Perempuan itu hebat seperti itu, multi tasking itu DNA perempuan, laki-laki itu tegak berdiri, perempuan itu multi tasking karena kita yang lakukan reproduksi, sama seperti Menteri Keuangan kan, makanya saya percaya kalau Menkeu perempuan akan lebih baik dari laki-laki," ujar dia di di Raffles Hotel, Jakarta, Jumat (9/11/2018).


Dia juga menceritakan bahwa perempuan juga bisa menjabat di posisi yang krusial atau yang selama ini didominasi oleh kaum adam. Seperti halnya jabatan Menteri Keuangan, setiap pertemuan G20 satu ruangan diisi oleh para lelaki yang menjabat sebagai menteri keuangan dan gubernur bank sentral.

"Waktu Christine Lagarde jadi Menkeu Prancis, waktu itu saya Menkeu Pak SBY, pas pertemuan di London bilang hanya kita berdua seorang perempuan, jadi perempuan punya potensi itu," kata dia.


Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, perempuan itu sudah mendapat cap sebagai kaum yang lembut, yang dihormati, dan kegiatannya selalu dibatasi. Untuk menunjukkan bahwa perempuan bisa, maka harus selalu berani tampil beda dari perempuan lain maupun laki-laki.

"Tunjukkan kalau anda unik, di situlah kita bisa menunjukkan wanita yang berbeda bukan dari sisi pengetahuan, tapi memiliki view yanng tidak bisa dimiliki laki-laki, tapi itu keunikan, gunakan kartu itu dalam posisi streng poin bukan sebagai kelemahan," ujar dia. (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed