Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 18 Nov 2018 16:37 WIB

Prabowo Mau Swasembada Pangan Seperti Zaman Orba, Apa Manfaatnya?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Hakim Ghani/detikcom Foto: Hakim Ghani/detikcom
FOKUS BERITA Ekonomi Zaman Orba
Jakarta - Titiek Soeharto menyebut keberhasilan swasembada pangan saat Orde Baru (Orba) di bawah kepemimpinan Soeharto akan kembali tercapai. Hal itu jika Prabowo Subianto terpilih menjadi presiden.

Lantas, apa manfaat yang sudah tercapai dari swasembada pangan di era Orde Baru?

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati, ada beberapa capaian positif dari swasembada pangan. Oleh karenanya pemerintah kala itu berkomitmen untuk swasembada pangan.

"Kebijakan pangan dulu, Orde Baru kan dulu ininya memang membangun pedesaan. Jadi dengan swasembada pangan. Tapi yang dilakukan walaupun nanti dalam prakteknya tetap ada kritik, tapi komitmen untuk melakukan pembangunan pertanian memang riil," katanya kepada detikFinance, Minggu (18/11/2018).


Dari komitmen yang ada, menurutnya harga pokok penjualan (HPP) dari produk pertanian, serta harga eceran tertinggi (HET) produk pertanian bisa berjalan dengan baik. Dengan kata lain harga-harga stabil.

"Ada HPP dan HET memang efektif stabilkan harga. Kalau belajar dari tadi variabel yang terkait swasembada pangan itu terintegrasi, nggak parsial, saling mendukung," ujarnya.



Produktivitas petani juga relatif tinggi karena ditunjang berbagai program yang saling mendukung, mulai dari penyedia pupuk, infrastruktur pertanian. Selain itu ada lembaga penyuluh pertanian yang tujuannya untuk membantu petani.


Hal itu membuat Indonesia bisa menjaga ketahanan pangan, terutama dari sisi harga kebutuhan pokok.

"Makanya kita pernah swasembada pangan, dan harga bahan kebutuhan pokok terutama 7 bahan pokok selalu stabil, inflasi terkendali, dan sebagainya," tambahnya. (zlf/zlf)
FOKUS BERITA Ekonomi Zaman Orba
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed