Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Nov 2018 17:50 WIB

Banyak Tunjangannya, Jadi Profesor Fisika Sekarang Menjanjikan

Saifan Zaking - detikFinance
Guru Besar Bidang Ilmu Fisika, Universitas Indonesia Profesor Harsono Soepardjo Foto: istimewa (http://www.fisika.ui.ac.id) Guru Besar Bidang Ilmu Fisika, Universitas Indonesia Profesor Harsono Soepardjo Foto: istimewa (http://www.fisika.ui.ac.id)
Jakarta - Pemasukan pendapatan dari profesi profesor di Indonesia lumayan besar. Hal itu dikarenakan adanya tunjangan yang diberikan untuk para peneliti.

Ia mengatakan bahwa pendapatan untuk peneliti dari segi ekonomi sudah bagus. Apalagi ditambah dengan tunjangan-tunjangan khusus yang diterima.

"Kalau (dilihat) dari segi ekonomi ya, tapi itu kan juga dari (untuk) bentuk perkembangan ilmu, tapi dari segi profesor jaman sekarang itu dari 5 tahun terakhir akan mendapat beberapa tunjangan khusus, artinya untuk ukuran dosen itu ya lumayan," jelas Guru Besar Bidang Ilmu Fisika, Universitas Indonesia Profesor Harsono Soepardjo ketika dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (28/11/2018).


Dosen Universitas Indonesia (UI) ini berkata bahwa tunjangan yang peneliti dapat diterima dalam bentuk uang. Ia menambahkan, peneliti pun juga mendapatkan tunjangan sertifikasi hingga 3 kali lipat dari gaji pokok.

"Dalam bentuk uang, misalkan gaji nah itu kan standar golongannya guru a, b, c, d kan standar pegawai negeri, tapi untuk dosen kan ada tunjangan sertifikasi, sertifikasi itu 1 gaji pokok tambahan untuk dosen, jadi kalau profesor itu 3 kali lipat, jadi artinya dari segi ekonomi ya bagus lah," tuturnya.


Pendapatan yang diterima pun berbeda antar golongan pengajar. Ditambah masih ada tunjangan-tunjangan lain yang dapat diterima.

"Tergantung golongannya, misalnya saya sendiri itu golongan 4e itu udah golongan mentok itu kira-kira gaji pokoknya Rp 5,6 juta dan ada bonus-bonus, artinya gaji penuh itu kira-kira Rp 6,7 juta, itu nanti dapat tambahan lagi 3 kali gaji itu, kalau di UI sendiri itu ada tunjangan lain lagi, ada tambahan lagi," tutupnya.


Tonton juga 'Asyik! Jokowi Naikkan Tunjangan Babinsa hingga 771 Persen':

[Gambas:Video 20detik]

Banyak Tunjangannya, Jadi Profesor Fisika Sekarang Menjanjikan
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com