Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 21 Des 2018 16:03 WIB

Menhub Surati Maskapai: Jual Tiket Jangan Mahal-mahal!

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Isal Mawardi/detikcom Foto: Isal Mawardi/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengirimkan surat kepada maskapai yang beroperasi di Indonesia agar tidak menaikkan harga tiket selama libur natal dan tahun baru (nataru).

Hal itu diungkapkan usai melakukan rapat terbatas (ratas) tentang persiapan natal dan tahun baru bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Jakarta (21/12/2018).


Budi mengaku, saat ini terdapat masalah di mana masyarakat mengeluhkan harga tiket pesawat pada momen liburan sangat tinggi.

"Sekarang memang ada masalah tentang tiket yang terlalu tinggi. Kita akan memberikan surat kepada airline-airline tersebut supaya kenaikannya tidak terlalu tinggi," kata Budi Karya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan bahwa pembahasan ratas persiapan natal dan tahun baru bersama Presiden Jokowi lebih banyak mengenai permasalahan harga tiket pesawat.

"Memang pengangkutan, harga tiket kan naik, itu juga sudah diambil langkah oleh menteri perhubungan," kata Darmin.


Menurut Darmin, apa yang dibahas dengan orang nomor satu di Indonesia ini juga diatur agar kenaikan harga tiket pesawat tetap dalam dalam rentang harga pokok penjualan (HPP).

"Biasanya di luar harga besar, diturunkan sama mereka, sekarang dia naikkan. Tapi kalau dilihat dengan HPP, masih masuk," ungkap Darmin.




Tonton juga 'Tiket Ludes Terjual, KAI Daop 7 Madiun Tambah 10 Gerbong':

[Gambas:Video 20detik]


(hek/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com