Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Des 2018 18:01 WIB

Lebih Murah dari Pasaran, Lampu Ikan Buatan KKP Hanya Rp 9,5 Juta

puti - detikFinance
Foto: dok. KKP
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan SDM (BRSDM) mengembangkan lampu pancing ikan bernama LEDikan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan nelayan menangkap ikan.

Menurut Kepala BRSDM Sjarif Widjaja harga yang dipatok untuk alat tersebut sebesar Rp 9,5 juta. Hal itu berdasarkan perhitungan penelitian yang dilakukan selama dua tahun.

Ia mengungkapkan, selama dua tahun biaya yang digelontorkan mencapai Rp 180 juta. Angka tersebut meliputi hasil prototipe sebanyak 20 unit, uji coba lapangan dan sertifikasi.

"Penelitian selama dua tahun. Itu biayanya Rp 180 juta tapi itu termasuk prototipe 20 unit, uji coba lapangan dan sertifikasi. Untuk satuannya Rp 9,5 juta," kata dia di Mina Bahari III, KKP, Jakarta, Kamis (27/12/2018).


Lebih lanjut, ia mengatakan lampu tersebut dapat memudahkan nelayan karena berfungsi menerangi planton atau makanan ikan. Sehingga ikan akan berkumpul mendekati sumber cahaya.

"Diterangi klorofilnya (planton) jadi nanti ikan akan kumpul," papar dia.

Sementara itu, ia mengungkapkan selama ini kapal-kapal besar memancing ikan menggunakan lampu dengan keterangan lebih dari 4 ribu watt. Sehingga hal itu membuat nelayan kecil tak kebagian ikan.

LEDikan garapan KKP ini lebih murah ketimbang lampu yang saat ini sudah digunakan oleh nelayan.


Ketua HNSI DPP Pati, Rasjiman mengatakan untuk memancing ikan pihaknya menggunakan lampu dengan harga Rp 25 juta per set. Kemudian untuk sekali memancing dibutuhkan empat set sehingga uang yang dikeluarkan sebanyak Rp 100 juta.

"Itu hitungan 1 set Rp 25 juta. Kalau satu set Rp 25 juta butuh 4 itu Rp 100 juta," kata dia kepada detikFinance.


Tonton juga video 'Susi Bicara di Polandia: Laut Tak Butuh Kita, Kita yang Butuh Laut':

[Gambas:Video 20detik]

Lebih Murah dari Pasaran, Lampu Ikan Buatan KKP Hanya Rp 9,5 Juta
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com