Kaleidoskop 2018

Pernikahan Mewah Crazy Rich Surabayan dan Komentar Orang Terkaya RI

Danang Sugianto - detikFinance
Sabtu, 29 Des 2018 12:33 WIB
Pernikahan Mewah Crazy Rich Surabayan dan Komentar Orang Terkaya RI
Foto: Dok. Cappio Photography

Pernikahan pasangan crazy rich Surabayan di Bali awalnya ditaksir menghabiskan dana sekitar ratusan miliar hingga Rp 1 triliun.

Sekretaris Bali Wedding Organization Marcellino Wauran mengaku sudah melihat video pre wedding pasangan crazy rich Surabayan itu. Dari video tersebut Marcelino membenarkan emas akan menjadi souvenir pernikahan yang dibagikan ke para tamu undangan.

"Kalau mewahnya dilihat dari mereka prewed, prewed itu tempatnya lima benua, jadi saya lihat sekilas saja dari video. Souvenirnya emas itu benar, rencananya itu di Mulia hotel, tamunya sekitar 500-1000 orang, kalau 5.000 nggak cukup di Hotel Mulia Bali," kata Marcellino.

Marcellino mengatakan wedding organizer (WO) pesta pernikahan tersebut bukan berasal dari Bali. Meski begitu, dia memperkirakan biaya pesta pernikahan itu memang fantastis.

"Cost kalau kita hitung harga makanan di Mulia paling mahal Rp 2 juta per orang dikali 1.000 itu berapa sudah Rp 2 miliar. Terus dekorasi antara Rp 500 juta-1 miliar. Mereka stay di hotel minim 2 hari harga (kamar) Mulia sekitar Rp 2 jutaan per orang, kalau minimal 200, sudah Rp 4 miliar kali berapa malem. Jadi paling nggak ya sampai Rp 100 miliar, Rp 1 triliun juga mungkin, karena belum kita bayar entertainmentnya," ujarnya.

"Gosipnya (hiburan) Michael Learns To Rock harganya hampir Rp 500 juta-1 miliar, karena itu kan termasuk tiket pesawatnya, penginapannya. Souvenirnya emas 5-10 gram harganya Rp 600 ribu/gram sudah Rp 3 juta, kali 500 keluarga, jadi banyak," sambung Marcellino.

Selain itu suvenir pernikahan juga menarik perhatian publik. Suvenir pernikahan Jusup, yang merupakan anak pengusaha sawit Rendra Tjajadi dan Feny Gunawan, berupa dua buah koin emas bernilai 5 dan 10 gram. Koin emas ini dikemas istimewa, lengkap dengan wajah Jusup dan Clarissa, nama, juga tanggal pernikahan mereka.

Tamu yang menghadiri pesta pernikahan Cahyadi dan Clarissa tak hanya diberikan emas secara cuma-cuma. Hadiah doorprize juga menanti berupa mobil mewah dan iPhone keluaran terbaru, seperti diungkap salah satu pengusaha, Dato Sri Tahir.