Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 30 Des 2018 19:40 WIB

Kaleidoskop 2018

Berita Minimarket Lahir dari Aksi 212 Paling Bikin Takut Pembaca

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Berita berjudul "Siapa Sangka, Minimarket Ini Lahir Berkat Aksi 212" menjadi berita paling menakutkan bagi para pembaca detikFinance di 2018. Berdasarkan catatan detikFinance, emosi pembaca terhadap berita ini mayoritas merasa takut.

Berita tersebut menceritakan, kelahiran gerai ritel berbasis syariah yang diawali dengan Aksi Bela Islam 212. Gerai minimarket itu sekarang dikenal dengan nama 212 Mart.

Alumni aksi 212 mengaku menjadi inisiator kelahiran gerai minimarket ini. Berikut ini berita selengkapnya.



Siapa Sangka, Minimarket Ini Lahir Berkat Aksi 212


212 Mart namanya. Angka tersebut tidak asing terdengar. Mundur ke belakang, tepatnya pada 2 Desember 2016 muncul gerakan aksi damai yang terdiri dari jutaan umat Islam. Dari sana lahir gerai ritel berbasis syariah yang sekarang dikenal 212 Mart.

"Iya, itu kan inisasi awalnya dari teman-teman yang ikut aksi 212, tapi kemudian kalau itu kan masuknya ranah politik ya," kata Sekretaris Umum Koperasi Syariah 212, Irfan Syauqi Beik kepada detikFinance, Senin (19/3/2018).

"Tapi kemudian teman-teman merasa gimana nih kalau kita salurkan juga energi kita untuk pengembangan ekonomi," lanjutnya.

Akhirnya tercetuslah Koperasi Syariah 212 pada 20 Januari 2017, yang pada gilirannya mendirikan gerai ritel 212 Mart.

"Walaupun inisiasi awalnya adalah dari para alumni 212, ya tapi yang bisa jadi anggotanya ini bisa siapa saja. Banyak juga anggota kita yang nggak ikut aksi damai 212. Banyak mereka tertarik kembangkan bisnis dengan sistem yang seusai dengan prinsip syariah. Jadi kita memang menjadi koperasi yang syariah," lanjutnya.

Dipilihnya nama gerai ritel dengan mencatut angka 212 pun muncul dari kesepakatan antar anggota yang kala itu sudah bergabung.

"Berdasarkan kesepakatan ya, kan nama koperasi kita 212, jadi wajar namanya 212 Mart. Tidak ada tendesi politik ya, kan bicara masalah bisnis. Tapi brand 212 Mart lah yang memang jadi dasar munculnya komunitas," paparnya.

"Jadi asal usul 212 Mart sebenarnya keinginan anggota untuk kembangkan bisnis di sektor riil. Kemudian yang muncul ide membuat jaringan ritel toko yang dimiliki bersama-sama anggota Koperasi Syariah 212. Makanya sekitar Mei 2017 itu pertama kali gerai di-launching di Bogor setelah 4 bulan Koperasi Syariah 212 berdiri," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed