Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 31 Des 2018 17:52 WIB

Sudah Didiskon, Hotel di Daerah Bencana Tetap Sepi

Saifan Zaking - detikFinance
Ilustrasi/Foto: dok detikcom Ilustrasi/Foto: dok detikcom
Jakarta - Okupansi hotel mengalami penurunan akibat bencana alam yang melanda Indonesia. Untuk meningkatkan aktivitas kunjungan pun tidak dapat dilakukan semudah itu, meski diberi diskon sekalipun.

Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran menyebutkan bahwa pemberian diskon tidak berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan. Sebab, dampak psikologis yang diterima orang berbeda-beda.

"Bukan hanya sekedar diskon dan murah, kalau misalnya psikologis orang masih membayangkan tempat tersebut masih rawan, ya nggak bakalan naik. Kan ada dampak psikologisnya," jelasnya kepada detikFinance, Senin (31/12/2018).



Maulana menambahkan, ketakutan akan bencana alam yang tidak dapat diprediksi tersebut membuat orang khawatir. Apalagi jika sampai menyebkan trauma.

"Tapi ketakutan orang kan itu ada, psikologis orang ada jadi kita marketing untuk menarik orang dalam situasi seperti ini misalnya ke Banten atau daerah rawan bencana, bagaimanapun kita bikin strategi, kan psikologis orang nggak bisa diubah semudah itu apalagi kejadiannya baru," terangnya.

Pemerintah dan pihak hotel pun perlu berkoordinasi untuk meningkatkan kembali aktivitas kunjungan di daerah tersebut.

"Strategi untuk menaikkan kembali kunjungan di daerah yang terkena dampak bencana itu perlu keterlibatan beberapa pihak, baik pemerintah dan swasta itu sendiri," tutupnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed