Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 04 Jan 2019 14:45 WIB

Ke Pasar Tulungagung, Jokowi: Beras Stabil, Ayam Naik Rp 1.000

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Foto: Ray Jordan/detikcom Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Ngemplak, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (4/1). Jokowi menilai harga beras sudah stabil, dan ini akan berpengaruh pada inflasi.

Menurut Jokowi harga beras yang stabil karena Perum Bulog menggelar gencar operasi pasar, sehingga yang biasanya di Desember-Januari harga beras naik, kini stabil.


Selain itu, harga beras medium terpantau dibanderol Rp 8.500/kilogram (kg).

"Memang yang banyak di pasar kan yang kurang beras di medium. Kalau tadi melihat stoknya saya kira Insya Allah enggak ada masalah," kata Presiden Jokowi dikutip dari situs setkab.go.id, Jumat (4/1/2019)

Jokowi menilai secara umum harga bahan pangan cenderung stabil. Yang naik itu adalah harga daging ayam, naik Rp 1.000, dari Rp 31.000 menjadi Rp 32.000/kg.

"Saya kira ini perlu perhatian meskipun naiknya Rp 1.000 ini akan kita perhatikan. Ini masalahnya itu kita pastikan karena disuplai pakan ternaknya, suplai jagungnya ke peternak yang kurang sehingga itu mempengaruhi juga harga daging," kata Jokowi.


Dia menegaskan harga naik sekecil apapun harus diperhatikan karena pemerintah ingin mengendalikan harga-harga, menurunkan inflasi. Ia bersyukur karena jika inflasi tahun 2017 itu 3,61%, kemarin (2018) 3,13%.

Jokowi menambahkan yang namanya inflasi rendah atau turun itu artinya harga juga turun. "Kalau inflasinya turun artinya harga juga turun, jangan diartikan yang lain-lain. Itu sudah rumus," tegas Jokowi. (hns/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed