Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Jan 2019 11:08 WIB

JK Beberkan Kunci Produk China Kuasai Toko-toko Dunia

Hendra Kusuma - detikFinance
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)/Foto: Rengga Sancaya Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membeberkan keberhasilan produk-produk asal China yang ada di berbagai toko di dunia. Banjirnya produk buatan China karena kualitas yang baik dengan harga yang lebih murah.

Hal itu diungkapkannya saat membuka sekaligus membuka acara Outlook Perekonomian 2019 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

"Kalau bicara persaingan, ada tiga yang muncul, kualitas lebih baik, murah, dan cepat," kata JK.


JK mengungkapkan, banyaknya produk asal China yang berada di toko-toko karena keberhasilan negara tirai bambu itu dalam memenuhi standar kompetisi perdagangan.

"Kita mengetahui negara yang hampir memenuhi syarat semua itu adalah China, kalau masuk toko kita pegang pasti dari China, beli sepatu made in China, tidak ada yang kita pegang, karena dia berhasil membuat lebih baik, lebih murah, dan cepat," ujar dia.


Dengan contoh tersebut, kata JK, Indonesia pun bisa mengikuti jejak keberhasilan China dalam memasarkan produknya. Salah satunya dengan adanya evaluasi bersama dan koordinasi antara pemerintah pusat, daerah, dan pelaku usaha.

"Kalau kita mau maju dan harus mengevaluasi apa yang sudah dan akan dilaksanakan. Saat ini dibutuhkan pandangan bersama, partisipasi pemerintah dalam membuat regulasi, pengusaha dalam melaksanakan perdagangan, perbankan yang membiayai kegiatan ini," jelas dia. (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed