Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 12 Jan 2019 14:10 WIB

Serang Nelayan hingga Tewas, Berapa Harga Ikan Caroang?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Andi Nurroni Foto: Andi Nurroni
Jakarta - Ikan Caroang atau ikan Cendro mendadak ramai diperbincangkan di Pangandaran. Pasalnya, ikan ini disebut telah menewaskan seorang nelayan yang sedang mencari lobster di perairan Batu Bodas, Cagar Alam Pangandaran.

Saat itu nelayan menyelam sambil membawa senter, cahaya senter diduga memicu agresivitas ikan Cendro yang ada di sekitarnya.

Kira-kira berapa harga jual ikan Caroang ini?

Cendro atau dengan nama latin Tylosurus crocodilus merupakan ikan berbahaya dan dihindari oleh pemancing profesional karena moncong dan gigi-giginya yang tajam. Karena itu ikan ini berpotensi melukai manusia jika terjadi penyerangan.


Mengutip laman resmi hemat.id di toko swalayan Hari Hari ikan Cendro per 100 gram dibanderol Rp 2.610. Ini artinya satu kilogram ikan Cendro adalah seharga Rp 26.100.

Sementara itu berdasarkan data Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan (PIPP) di pelabuhan perikanan Cikidang, Pangandaran harga ikan Cendro per kg tercatat Rp 20.000. Di pelabuhan ini hasil tangkapan ikan Cendro di laut Pangandaran periode (8/1) sebanyak 27 kg.

Pada Jumat dinihari seorang nelayan bernama Andri Susanto tewas diserang ikan Caroang. Diketahui Andri sedang melaut untuk mencari lobster di kawasan Batu Bodas, tepian Cagar Alam Pangandaran dan berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari daratan.

Saat menyelam, Andri keluar dari air dan mendekati rekan nelayan untuk meminta pertolongan karena ada yang menggigit lehernya. Kemudian Andri segera dilarikan ke Puskesmas terdekat, namun sayang ia mengembuskan nafas terakhir di perjalanan menuju Puskesmas.

(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed