Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Feb 2019 14:20 WIB

Prabowo Diprediksi Kritik Jokowi Infrastruktur Pakai Utang

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Luthfy Syahban Foto: Luthfy Syahban
Jakarta - Kritik mengenai utang diprediksi akan kembali muncul pada debat kedua calon presiden dan calon wakil presiden yang berlangsung pada 17 Februari 2019.

Tema debat kedua kali ini adalah mengenai energi, pangan, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Meski tidak spesifik membahas mengenai utang, namun adanya infrastruktur yang dibahas akan membuat kubu oposisi mengkritik soal utang.

"Sudah pasti ada, terutama infrastruktur, karena kita lihat pembangunan infrastruktur gencar," ujar Direktur Eksekutif INDEF Enny Sri Hartati saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (4/2/2019).



Menurut Enny, ada celah kritik yang bisa dilontarkan oleh oposisi di luar dari utang untuk membangun infrastruktur. Adalah, dampak infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi sekitar.

Meski demikian, Enny berharap bahwa debat pilpres pada 17 Februari mendatang lebih kepada adu konsep dan gagasan program untuk membenahi persoalan-persoalan yang belum diselesaikan.

"Harapan masyarakat oke mengkritik, dan tidak dikritik juga sudah merasakan. Pak Prabowo dan Sandi jika dipercaya harus konkret yang akan dilakukan apa, itu juga penting," jelas dia.

"Kalau itu berjanji, bagaimana implementasi, misalnya tidak berutang itu tidak mungkin, berutang tapi pengelolaannya seperti apa, itu akan lebih informatif dan menjadi referensi masyarakat, kalau cuma mengkritik tu tidak menarik," tambahnya.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed