Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Feb 2019 15:23 WIB

Bisakah Harga Telur Turun Jika Prabowo Jadi Presiden?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto berjanji akan menurunkan harga bahan pokok seperti telur sampai daging jika ia terpilih menjadi presiden. Prabowo bahkan menyebut harga telur akan turun pada 100 hari pertama ia menjabat sebagai presiden.

Dapatkah harga kebutuhan pokok itu diturunkan dalam waktu 100 hari menjabat?

Peneliti INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan harga pangan itu saat ini yang penting stabil dan tidak bergerak terlalu liar.

"Jika dipaksa turun, misalnya harga telur ayam, maka akan merugikan harga di tingkat peternak," kata Bhima, Sabtu (9/2/2019).

Dia menyebutkan, telur ayam harga daging sapi juga tak bisa ditekan begitu saja. Pasalnya harga daging setelah keluar dari rumah potong hewan memang sudah mahal.

"Kecuali pak Prabowo ambil jalan pintas dengan impor besar-besaran di 100 hari pertama," imbuh dia.

Namun hal ini kontradiktif dengan janji tidak akan impor pangan. Menurut Bhima langkah penurunan harga kebutuhan pokok tersebut belum mendesak untuk dilakukan. Pasalnya angka inflasi nasional masih relatif terjaga dan tidak keluar dari target.


Janji ini, menurut Bhima lebih ke janji populis. Tetapi jika mau menurunkan harga pangan dan tidak memukul peternak, artinya rantai distribusi harus dipotong, tengkulak perannya dikurangi. Kemudian membangun infrastruktur pertanian sehingga ongkos transportasi tidak mahal.

"Itu kan tidak bisa 100 hari, lebih baik prosesnya terencana matang 5 tahun. Soal pangan tidak ada jalan pintas," jelas dia.

Dalam sebuah pertemuan, Prabowo menyampaikan di hadapan emak-emak yang tergabung dalam Forum Komunikasi Majelis Ta'lim (FKMT) serta relawan Aliansi Pencerah Indonesia (API). Pertemuan tersebut digelar di kediaman Prabowo Subianto di Desa Bojong Koneng, Bukit Hambalang, Babakan Madang, Bogor, Jumat (8/2).

"Ibu yang dari FKMT tadi saya nangkep sudah harapannya, pokoknya perintah emak-emak saya sudah tangkap, emak-emak minta harga daging turun, harga beras turun, harga gula turun, harga telur turun, harga ayam turun, minta harga listrik turun, betul?" ujar Prabowo seperti dikutip detikcom dari keterangan tertulis.

Prabowo menegaskan dia akan berjuang bersama cawapres Sandiaga Uno untuk mewujudkan janji tersebut.



Tonton juga video 'Prabowo Sebut Duit Negara Bocor, Jokowi: Lapor KPK, Bawa Bukti!':

[Gambas:Video 20detik]


Bisakah Harga Telur Turun Jika Prabowo jadi Presiden?
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed