Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Feb 2019 18:08 WIB

Jasa Marga Bidik Proyek Tol Jawa Jalur Selatan, Ini Daftarnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Sugeng Harianto Foto: Sugeng Harianto
Jakarta - Perusahaan pelat merah PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengincar beberapa proyek tol baru tahun ini. Proyek itu ada yang inisiasi perusahaan, ada juga yang penugasan dari pemerintah.

Direktur Pengembangan Jasa Marga, Adrian Priyohutomo menyebut, tol yang tengah diincar tahun ini ialah Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Panjang tol sekitar 184 km.

Tol ini merupakan inisiasi Jasa Marga yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa Selatan.

"Pertama ada inisiasi dari kita untuk Gedebage-Tasikmala-Cilacap 184 km sedang kita proses saat ini. Saat ini proses mendapat persetejuan prakarsa dari Menteri PUPR. Ini Trans Jawa Selatan," katanya di Kantor Pusat Jasa Marga Jakarta, Senin (11/2/2019).

Kedua, Tol Akses Patimban dengan panjang 37,7 km. Jasa Marga telah mendapat restu dari pemerintah dan saat ini dalam proses detail teknis.

"Ada juga Akses Patimban dalam rangka menyambungkan ruas Tol Trans Jawa dengan Pelabuhan Patimban 37,7 km saat ini telah dapat persetujuan PUPR. Saat ini menyusun DED detail enginering," sambungnya.



Ketiga, Tol Ciranjang-Padalarang sepanjang 27,8 km. Tol ini merupakan penugasan dari pemerintah.

Terakhir, Tol Semarang-Demak dengan panjang 37,7 km. Tol ini sedang dalam proses tender dan diharapkan pengumuman pemenangnya dilakukan dalam waktu dekat.

Dia menyebut, untuk nilai investasi Akses Tol Patimban Rp 6,1 triliun, Ciranjang-Padalarang Rp 6,2 triliun, dan untuk Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap diperkirakan menelan investasi hingga Rp 53,3 triliun.

Perusahaan akan menggunakan sejumlah sumber pendanaan untuk membangun tol-tol tersebut, mulai dari pinjaman bank hingga surat utang atau bonds.

"Gegebage-Tasikmalaya kita bagi 2 tahap, tahap 1 saja biaya kontruksinya mencapai Rp 30,2 triliun. Totalnya bisa mencapai Rp 53,3 triliun sampai Cilacap sendiri," tutupnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed