Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Mar 2019 10:48 WIB

Sri Mulyani: 273 Orang di Gorontalo Dapat Pinjaman Usaha Rp 1,89 M

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Gorontalo - Sebanyak 273 pengusaha di Provinsi Gorontalo telah mendapatkan pembiayaan dari program ultra mikro (UMi). Penyaluran kredit ini dalam rangka menuju kemandirian usaha.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan dari sebanyak 273 debitur ini mendapat dana pinjaman sebesar Rp 1,89 miliar.

"Program UMi adalah program yang merupakan pelengkap dari program KUR. Di Gorontalo ada 273 debitur, ini provinsi baru sekali yang dapat Umi. Kami berharap bisa ditingkatkan yaitu meminjam Rp 1,89 miliar," kata Sri Mulyani di Pasar Sentral Gorontalo, Jumat (1/3/2019).

UMi merupakan program pembiayaan kepada masyarakat usaha mikro di lapisan terbawah yang belum dapat difasilitasi oleh perbankan, dengan pembiayaan paling banyak Rp 10 juta per nasabah.

Sri Mulyani menjelaskan, anggaran UMi saat ini mencapai Rp 7 triliun, dikelola oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang merupakan BLU di bawah Kementerian Keuangan.


Awalnya, kata Sri Mulyani, program UMi baru berlangsung 2017 dengan anggaran pinjaman Rp 1,5 triliun, kemudian tahun-tahun selanjutnya ditambah lagi Rp 2,5 triliun dan ditambah lagi Rp 3 triliun.

"Kami berharap dengan adanya ini, kita berharap, karena dari Rp 7 triliun baru tersalurkan Rp 2 triliun. Jadi sebetulnya ada anggarannya. K,apasitas menyalurkan akan kita evaluasi," kata Sri Mulyani.

Dalam penyaluran pembiayaan ultra mikro ini, terdapat beberapa lembaga penyalur. Mulai dari PT Pegadaian (Persero), PT PNM (Persero), Bahana Artha Ventura (BAV). Penyaluran dilakukan kepada 6.000 channel, di mana sekitar 4.000 lewat Pegadaian, sekitar 1.000 channel milik PNM, dan BAV baru memiliki 26 cabang.

"Kita berharap pedagang mendapatkan manfaat dari dana yang sudah disalurkan, tidak hanya pemberian kredit tapi meningkatkan kapasitas usaha," ungkap dia.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed