Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 05 Mar 2019 11:13 WIB

Tambah Kapasitas, Bulog Rogoh Rp 4,9 M untuk Perluasan Gudang

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Dok. Perum Bulog Foto: Dok. Perum Bulog
Jakarta - Perum Bulog terus menambah kapasitas gudang miliknya, salah satunya dengan melakukan peremajaan. Kegiatan tersebut memakan biaya hingga Rp 4,9 miliar.

Gudang tersebut berada di komplek pergudangan Bumirejo, Pati, Jawa Tengah dengan kapasitas awal 3.500 ton. Kini setelah diremajakan kapasitas bertambah menjadi 5.500 ton.

Peremajaan yang dilakukan dengan menambah bangunan gudang baru berkapasitas 2.000 ton di lahan yang sama seluas 1.500 ha.


Lebih lanjut, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menjelaskan dalam area gudang tersebut terdapat unit pengolahan, kantor gudang, laboratorium pemeriksaan kualitas, rumah dinas, mushola, toilet umum, hingga pos jaga.

"Gudang baru ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 4,9 miliar, dengan waktu pengerjaan selama 6 bulan," jelas dia dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Selasa (5/3/2019).

Selain itu, Bulog juga membangun gudang baru di komplek Pergudangan Klahang, Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Gudang tersebut memiliki kapasitas mencapai 3.500 ton. Adapun, gudang dengan lebar 30 m, panjang 54 m, serta tinggi 7 m itu diprioritaskan untuk menampung kedelai.

Lebih lanjut, Buwas mengungkapkan peremajaan serta penambahan gudang tersebut dibangun sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga ketahanan pangan.

"Kedua gudang baru ini juga telah mempertimbangkan aspek strategis dan ekonomis. Lokasi komplek gudang yang dekat dengan lahan persawahan petani serta akses jalan, membuatnya makin mudah dijangkau oleh masyarakat," katanya.


Dengan begitu, diharapkan Bulog mampu menyerap secara maksimal komoditas baik beras hingga kedelai ketika musim panen tiba.

"Saat musim panen berlangsung, gudang baru ini sudah dapat dimanfaatkan untuk menampung serapan pengadaan beras maupun kedelai secara maksimal," tutup dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed