Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Mar 2019 10:43 WIB

Giliran Pengusaha Kapal Ngomong soal Industri 4.0

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Industri 4.0 menjadi topik pembicaraan yang cukup populer dalam beberapa tahun ke belakang. Era otomatisasi yang kental dengan internet hingga artificial inteligent menjadi hal yang diwaspadai oleh sejumlah pengusaha.

Hal ini juga menarik perhatian sejumlah pengusaha pelayaran yang berkumpul di Hotel Borobudur Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Mereka menghadiri Dialog Strategis Revolusi Industri 4.0 Industri Pelabuhan dan Pelayaran.

Hadir juga dalam kesempatan ini perwakilan dari Kementerian Perhubungan. Kemudian hadir juga Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto dan Presiden Direktur CMA-CGM Indonesia Farid Belbouab.



Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi Wihana Kirana Jaya berharap pelabuhan dan industri pelayaran harus bergerak cepat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi 4.0 yaitu pemanfaatan teknologi digital yang mendorong otomasi dan pertukaran data.

"Harus ada perubahan dalam sistem pengolahan pelabuhan. Apakah dalam bentuk manual sampai digital, sampai proses cyber," kata Wihana, Rabu 6/3/2019).

Acara ini juga diharapkan mampu membuat perkembangan industri 4.0 di industri pelayaran semakin cepat.

"Harapannya ada hope yang bisa didapat dari diskusi ini. Bagaimana industri apa yang harus dilakukan dari industri 4.0," ujar Wihana.



Simak Juga "Airlangga: Banyak Profesi Dibutuhkan di Era Digital"

[Gambas:Video 20detik]

Giliran Pengusaha Kapal Ngomong soal Industri 4.0
(ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com