Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 06:21 WIB

Lebih Tajir Mana, Orang Terkaya RI atau Malaysia?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
1 Duitnya Lebih Banyak Siapa?
Halaman 2 dari 4
Foto: Forbes Foto: Forbes

Robert Kuok menduduki urutan pertama sebagai orang terkaya di Malaysia, ia memiliki harta hingga US$ 12,8 miliar setara Rp 179,2 triliun (Kurs: Rp 14.000/dolar AS).

Kuok merupakan pria kelahiran Malaysia yang memiliki jaringan bisnis Shangri-La Hotels & Resort di seluruh dunia.

Perusahaan Kuok juga berinvestasi di banyak negara mulai dari Singapura, Filipina, Thailand, China, Indonesia, Fiji dan Australia. Di China ia memiliki Beijing World Trade Center. Selanjutnya ia juga memiliki Malaysian Bulk Carriers Berhad dan Transmile Group. Kuok juga memiliki bisnis perkebunan sawit dengan Wilmar Internasional.

Mari bandingkan dengan kekayaan orang Indonesia. Di Indonesia Robert Budi Hartono memiliki kekayaan hingga US$ 18,6 miliar setara Rp 260,4 triliun. Kemudian saudara laki-laki Robert, Michael Hartono memiliki kekayaan US$ 18,6 miliar setara Rp 260,4 triliun.

Berdasarkan data orang terkaya Forbes 2018, Robert dan Michael menduduki urutan pertama dengan jumlah kekayaan mencapai US$ 35 miliar.

Hartono diketahui mewarisi perusahaan rokok Djarum puluhan tahun lalu, namun kemudian mengepakkan sayap bisnisnya dengan membeli saham BCA pada masa krisis 1997-1998.

Tahun ini, mereka berhasil meningkatkan kepemilikan saham BCA ke level menjadi 55% dari 47%. Keduanya juga punya kepemilikan di perusahaan Razer, produsen game dari Singapura yang terdaftar di bursa Hong Kong

Dengan begitu, Budi dan Michael Hartono menjadi orang terkaya di Indonesia selama 9 tahun berturut-turut.

(kil/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed