CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 23:15 WIB

Bicara soal SDM, JK: Vietnam dan Thailand Sekarang Mengejar Kita

Trio Hamdani - detikFinance
Wapres Jusuf Kalla/Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom Wapres Jusuf Kalla/Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bicara tentang negara tetangga di ASEAN mulai mengejar Indonesia. Contohnya, menurut JK ada Vietnam dan Thailand.

"Vietnam, Thailand, kita pernah lebih maju tapi sekarang mengejar kita. Walaupun kita masih lebih maju tapi dia mengejar kita. Tanpa ketangguhan generasi muda kita bisa dikalahkan oleh mereka yang semangatnya atau SDMnya lebih baik dari kita," ujar JK dalam acara Sarasehan LPDP 2019 "Kembali Untuk Negeri" di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat malam (15/3/2019).


Menurut JK Indonesia sebenarnya sangat memenuhi standar menjadi negara maju, mulai dari sumber daya alam (SDA) yang tersedia, hingga jumlah penduduknya yang mendukung.

"Kita memenuhi semua standar untuk maju, SDA kuat, penduduk cukup. Tapi kita menengah-menengah gitu, pertumbuhannya menengah. Karena itu orang ambil kesimpulan boleh negara yang sumber dayanya (tersedia) maju, boleh juga tidak," paparnya.


Menurutnya persamaan yang dimiliki antar negara maju adalah tingkat pengetahuan masyarakatnya. Untuk itu, tahun ini pemerintah memberi perhatian lebih pada peningkatan kualitas SDM.

"Jepang tak ada SDAnya, Korea tidak ada tapi manusianya penuh semangat dan ilmu pengetahuannya dikelola dengan baik dan maju sehingga dia maju dibandingkan negara lain. Itu kenapa tahun ini oleh Pak presiden telah difokuskan bagaimana tingkatkan SDM kita," kata JK. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed