Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 16 Mar 2019 14:44 WIB

American Airlines Setop Layani Penerbangan ke Venezuela

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: REUTERS/Mike Blake/File Photo Foto: REUTERS/Mike Blake/File Photo
Jakarta - American Airlines pada Jumat (15/3) kemarin menangguhkan penerbangan sementara dari dan ke Venezuela. Negara tersebut kini semakin terisolasi.

Serikat Pilot Amerika mendapatkan kabar tersebut setelah adanya peringatan dari Departemen Luar Negeri. AS juga menarik diplomatnya dari Venezuela.

Sebagian besar maskapai AS yang melayani penerbangan ke Venezuela terdampak dari gejolak politik dan ekonomi di negara Amerika latin tersebut. American Airlines merupakan maskapai besar AS yang terakhir terbang ke Venezuela dan menjual tiket dari Miami ke Caracas dan ke Maracaibo.

"Keselamatan dan keamanan anggota kami selalu menjadi nomor satu," ungkap American Airlines dalam keterangannya dikutip dari CNBC, Sabtu (16/3/2019).


Presiden Venezuela Nicolas Maduro memutuskan hubungan dengan AS pada Januari lalu pasca pengakuan terhadap pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai Presiden. AS bersama dengan 50 negara lainnya mengakui Guaido sebagai Presiden Venezuela.

"Jangan bepergian ke Venezuela karena kejahatan, kerusuhan, dan kesewenangan terhadap warga AS," tulis Departemen Luar Negeri AS.

Para pilot juga diperintahkan untuk menolak jika ditugaskan ke Venezuela. Meski demikian, American Airlines tidak menanggapi permintaan tersebut.


Asosiasi Petugas Penerbangan Profesional (The Association of Professional Flight Attendants/APFA) yang mewakili 25.000 pramugari AS mengatakan bahwa mereka mendukung keputusan serikat pilot.

"Tentu saja tanpa pilot penerbangan tidak beroperasi," kata Presiden APFA Lori Bassani.



American Airlines Setop Layani Penerbangan ke Venezuela
(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com