Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mar 2019 17:04 WIB

Ini 10 Orang Terkaya Dunia Sepanjang Sejarah

Danang Sugianto - detikFinance
1 Augustus Caesar
Halaman 2 dari 3
Rockefeller Foto: Wikipedia Commons Rockefeller Foto: Wikipedia Commons

Augustus Caesar

Pria ini merupakan Kaisar Romawi setelah Julius Caesar. Kekayaannya menurut money.com mencapai US$ 4,6 triliun atau setara Rp 64.400 triliun.

Augustus Caesar tidak hanya bertanggung jawab atas sebuah kekaisaran yang menyumbang 25% hingga 30% dari output ekonomi dunia, tetapi menurut profesor sejarah Stanford Ian Morris, Augustus pada suatu saat memegang kekayaan pribadi setara dengan seperlima dari ekonomi kekaisarannya.

Zhao Xu

Nama lain pria ini adalah Kaisas Shenzong. Kekayaannya tak bisa ditaksir namun dia menguasai kerajaan dengan 25% hingga 30% dari PDB global

Dinasti Song China (960 - 1279) adalah salah satu kerajaan paling kuat secara ekonomi sepanjang masa. Menurut Prof. Ronald A. Edwards, seorang sejarawan ekonomi Tiongkok dari Dinasti Song di Universitas Tamkang, negara ini menyumbang antara 25% dan 30% dari output ekonomi dunia selama puncaknya.

Akbar I

Pria asal India ini memerintah kerajaan dengan 25% dari PDB global. Kaisar terbesar dari dinasti Mughal India, Akbar mengendalikan sebuah kekaisaran yang menyumbang sekitar seperempat dari output ekonomi global.

Chris Matthews dari Fortune mengutip almarhum sejarawan ekonomi Angus Maddison, yang berspekulasi PDB per kapita India di bawah Akbar sebanding dengan Elizabethan Inggris, tetapi dengan "kelas penguasa yang gaya hidupnya yang mewah melampaui gaya hidup masyarakat Eropa."

Andrew Carnegie

Pria ini hidup dari tahun 1835 hingga 1919. Total kekayaannya ditaksi mencapai US$ 372 miliar atau setara Rp 5.208 triliun. Andrew Carnegie mungkin menjadi orang Amerika terkaya sepanjang masa.

Imigran Skotlandia ini menjual perusahaannya, A.S. Steel, kepada J.P. Morgan dengan harga US$ 480 juta pada tahun 1901. Jumlah itu setara dengan sekitar 2,1% dari PDB AS pada saat itu.

John D Rockefeller

Rockefeller merupakan pengusaha Amerika Serikat lahir pada 1839 dan wafat pada 1937. Kekayaannya ditaksir mencapai US$ 341 miliar atau setara Rp 4.774 triliun.

Rockefeller mulai berinvestasi di industri perminyakan pada tahun 1863 dan pada tahun 1880 perusahaan Standard Oil-nya menguasai 90% produksi minyak Amerika.

Menurut New York Times, obituary-nya, Rockefeller dihargai sekitar US$ 1,5 miliar berdasarkan pengembalian pajak penghasilan tahun 1918.

Klik selanjutnya

(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed