Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Mar 2019 22:18 WIB

Jokowi: Dulu Urus Izin Setahun Sekarang Keluar 3 Jam

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) memamerkan bahwa sekarang mengurus izin sudah jauh lebih cepat dengan sistem elektronik berbasis online. Yang dimaksud Jokowi adalah program online single submission (OSS) atau perizinan online terpadu.

Melalui OSS, izin yang dulunya memakan waktu hingga berbulan-bulan bahkan tahunan bisa dipercepat dalam hitungan jam.

"Pemerintah ada OSS yang dulunya kalau urus izin bisa 6 bulan bahkan setahun, sekarang 9 izin keluar 3 jam," katanya dalam Debat Keempat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).




Dengan sistem perizinan online juga, Jokowi mengatakan itu bisa mencegah korupsi yang biasanya terjadi saat proses perizinan berlangsung. Dalam debat ini, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto khawatir soal korupsi.

"Justru dengan cara ini korupsi akan berkurang dan hilang, karena ada transparansi," sebutnya.

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat memberi tanggapan atas pernyataan Prabowo Subianto, yaitu tentang Mal Pelayanan Publik.


Terkait hal tersebut, Jokowi juga memastikan akan menambah jumlah Mal Pelayanan Publik untuk mempercepat perizinan, salah satunya izin usaha.

"Dengan Mal Pelayanan Publik kita harapkan kecepatan pelayan bisa diberikan ke para pengusaha, masyarakat yang ingin dapat pelayanan yang cepat, Ini sudah ada di 13 kota dan akan terus kita perbanyak," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com