Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 18:16 WIB

Pesta Diskon Usai Nyoblos Juga Cegah Masyarakat 'Kabur' saat Pemilu

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Beberapa dari pengusaha nasional ternyata sempat berniat untuk tak menggunakan hak pilihnya. Bukan alasan politis, mereka memilih untuk liburan saat Pemilu.

Hal itu disampaikan oleh Tokoh Pengusaha Nasional Sofjan Wanandi. Dia mendapatkan informasi bahwa ada beberapa pengusaha yang mau liburan saat pemilu.

"Banyak pengusaha yang mau libur karena merasa ah toh sudah enggak jadi soal. Menurut saya itu enggak benar. Kita harus ada tanggung jawabnya ke negara. Pada saat kita tentukan pimpinan negara kok pengusaha liburan," ujarnya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Para pengusaha yang berniat tak memilih itu bukan alasan ingin kabur, mereka hanya ingin liburan. Sebab Pemilu 17 April 2019 yang jatuh pada hari Rabu dan tanggal merah di hari Jumat, memungkinkan mereka untuk cuti untuk libur panjang.


Hal itu juga diperkuat dengan pernyataan salah satu pengusaha nasional Anne Patricia Sutanto. Wakil Direktur Utama Pan Brothers itu mengakui memang mendengar banyak dari pengusaha yang berencana untuk ambil libur panjang saat pemilu.

"Memang ada rencana. Tapi bukan karena hindari pemilu tapi karena liburan. Memang banyak himbauan dari kita. Akhirnya banyak pengusaha yang membatalkan kepergiannya atau menunda. Banyak yang sudah beli tiket, lalu ditunda atau dibatalkan," terangnya.

Sofjan melanjutkan, alah satu upaya dari para pengusaha untuk menghasut pengusaha yang hendak liburan itu dengan menggelar KlingKing Fun. Mereka mengajak para pengusaha khususnya di bidang ritel untuk ikut dalam Pesta Diskon Anti Golput itu.

"Maka itu kita bikin ini dan kita libatkan mereka supaya mereka tidak pergi dan tidak golput. Setelah kita libatkan mereka tentu mereka harus tinggal di sini, mereka kan harus tanggung jawab," ujar Sofjan.


Program ini melibatkan 250 brand dan jaringan retail ternama, mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema dan banyak lagi. Mereka siap memberikan diskon hingga 50% bagi para pemilih, khusus di tanggal 17 April 2019.

Dengan menunjukkan jari yang sudah tercelup tinta masyarakat bisa mendapatkan diskon di toko retail, baik offline maupun online, serta brand ternama. Di antaranya Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City dan masih banyak lagi.

Untuk berbelanja di toko online para pemilih cukup mengambil foto jari yang sudah tercelup tinta pemilu. Masing-masing e-commerce akan menyediakan sistem untuk program ini. Ada 2 e-commerce yang ijut dalam KlingKing Fun, yakni Tokopedia dan Bukalapak.

Wakil Ketua Apindo Shinta Widjaja Kamdani menambahkan, program KlingKing Fun diadakan memang melihat situasi dan kondisi selama kampanye. Menurutnya ada rasa takut dari pengusaha, sehingga mereka terpikir untuk pergi saat pemilu.



"Bagaimana nanti pemilunya. Apakah akan damai. Mungkin sebaiknya pergi saja ga usah ada di sini saat pemilu. Jadi dengan kekhawatiran itu, kami merasa, mewakili pengusaha bahwa kami perlu melakukan sesuatu. Untuk bisa mengubah paradigma bahwa ini bukan situasi yang menakutkan. Tapi ini adalah sebuah pesta dan suatu suasana yang harusnya bergembira bagi seluruh masyarakat indonesia," ujarnya.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan, bahwa tidak ada aksi eksodus dari para pengusaha nasional saat pemilu nanti.

"Tidak ada eksodus. Apakah ada peningkatan reservasi seat pesawat? tidak ada. Apakah ada kenaikan reservasi hotel? normal. Wisatawan rata-rata 70 ribu keluar Indonesia dan 74 ribu ke Indonesia. Itu normal, jadi data reservasi pesawat dan hotel semuanya normal sampai akhir minggu ini," tegasnya. (das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed