Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 23:05 WIB

Neraca Dagang Surplus, Darmin Soroti Ekspor Melambat

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Andhika Prasetia/detikcom Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Neraca perdagangan Indonesia tercatat surplus US$ 540 juta pada Maret 2019. Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution pun menyambut baik, namun menurutnya masih perlu ada perbaikan.

Darmin menyoroti ekspor Indonesia secara bulanan (month on month) memang mengalami kenaikan, tapi sebenarnya turun jika dibandingkan secara tahunan (year on year) melambat.

Tercatat, ekspor Maret 2019 naik 11,71% dengan nilai US$ 14,03 miliar dibanding bulan sebelumnya. Tapi, dibanding Maret 2018 turun 10,01%.


"Neraca dagang ya memang month to month OK ya kan positif. Tapi kalau year on year, bulanan maupun kuartalan itu ya memang negatif," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Senin (15/3/2019).

"Sehingga, yang perlu diperhatikan juga, impornya bulan kedua ini mulai negatif, dan itu kelihatannya hampir semua negara tujuan sama, memang melambat ekspor kita," tambahnya.

Darmin melanjutkan, melemahnya ekspor menjadi indikasi permintaan melambat. Artinya ekonomi dunia sedang melemah.

"Artinya ini benar-benar persoalan demand side-nya, sehingga itu artinya apa ya kita nggak bisa ngapain-ngapain yang namanya tujuan utama China, Amerika, Jepang, apa semua itu negatif untuk year on year-nya," terang Darmin.


Darmin menambahkan cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi ini ialah mencari pasar baru. Tapi, dampaknya tak bisa secara instan.

"Ya artinya bisa ke Afrika, Asia Tengah, Amerika Latin, tidak bisa besar-besaran juga memulai sesuatu, nggak bisa menggantungkan ekspor ke China begitu saja, artinya situasi global, benar-benar demand global merosot dan ekonomi dan perdagangan global melambat," ujarnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed