Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Apr 2019 12:45 WIB

Pengusaha Sebut Jokowi bakal Ganti Menteri Ekonomi, Siapa?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini bakal mengganti sejumlah menteri ekonomi dalam waktu dekat bila jabatannya lanjut. Hal ini menyusul hasil quick count pilpres 2019 yang menyatakan keunggulan suara paslon petahana ini di sejumlah lembaga survei.

Pengusaha nasional sekaligus Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan Jokowi akan mengganti menteri ekonomi yang sesuai dengan pilihan pengusaha. Kira-kira, siapa orangnya?

"Ada deh. Biar saja nanti Presiden yang ambil keputusan. Presiden sudah tahulah. Saya yakin Presiden akan melakukan perombakan kabinet dan itu sebagai test case juga sebagai percobaan untuk si Menteri yang baru itu apakah dia perform nanti sampai tanggal 20 (Oktober 2019, pelantikan presiden periode selanjutnya)" katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Kamis (18/4/2019).


Meski tak menyebut siapa menteri ekonomi yang akan diganti, namun Hariyadi mengatakan siapapun orangnya harus yang benar-benar kompeten sesuai dengan bidangnya. Dia mencontohkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai contoh tepat dalam pemilihan menteri.

"Kita cari orang yang luar biasa, bukan yang biasa-biasa saja. Saya ambil contoh Pak Basuki (Menteri PUPR). Kita cari orang yang kayak begitu, yang benar-benar paham apa yang dia urus dan melakukan terobosan-terobosan," ungkapnya.

Hariyadi sendiri tak mempersoalkan latar belakang pilihan menteri yang akan ditunjuk Jokowi nantinya. Yang pasti, menteri yang ditunjuk harus kompeten dan benar-benar ahli di bidangnya.


"Nggak ada masalah mau dari politik atau profesional. Yang penting dia kompetensinya benar-benar sesuai dengan bidang yang dia pekerjakan ke dia. Kita cari orang yang luar biasa, bukan yang biasa-biasa saja," katanya.


Tonton juga video Jokowi Dorong Halal Park Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi:

[Gambas:Video 20detik]


Pengusaha Sebut Jokowi bakal Ganti Menteri Ekonomi, Siapa?
(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed