Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 17:18 WIB

KEIN Contoh Thailand soal Implementasi Industri 4.0

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta - Industri 4.0 memanfaatkan kecanggihan teknologi dan mendorong perubahan pada industri yang mengarah ke digitalisasi. Manusia pun dituntut untuk memiliki keterampilan agar tak tergerus zaman.

Mengenai penerapan revolusi industri tersebut, Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengaku sudah melakukan studi ke negara Thailand untuk mempelajari implementasinya.

Soetrisno mengatakan perusahaan-perusahaan di Negara Gajah Putih itu terlebih dahulu harus melalui beberapa tahapan agar bisa masuk ke Industri 4.0.


"KEIN pernah ke Thailand mempelajari itu kalau perusahaan masuk ke (Industri) 4.0 harus melalui tahapan yang diatur oleh perundangan di sana. Misalnya harus dibimbing Mendagri, perindustrian, perdagangan, kemudian di Thailand itu harus punya kriteria. Kita ini juga akan ke sana," ungkapnya di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Kriteria yang dimaksud agar tak semua tenaga kerja ditinggalkan akibat adanya Industri 4.0. Untuk itu dia mendorong agar pemerintah bisa mencetak pekerja terampil dan bisa menciptakan usaha baru.

"SDM tadi saya katakan harus terampil tapi tambah lagi harus bisa menciptakan lapangan pengusaha baru," ujarnya.


Ia yakin kalau dalam lima tahun ke depan pemerintah bisa mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6%. Oleh karena itu penting untuk fokus pada target kerja serta memberikan kesadaran pada masyarakat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed