Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Apr 2019 16:41 WIB

Bulan Depan Ramadan, Stok Beras di Jatim 601.000 Ton

Hilda Meilisa Rinanda - detikFinance
Gudang beras Bulog/Foto: Grandyos Zafna. Gudang beras Bulog/Foto: Grandyos Zafna.
Surabaya - Stok beras di Jawa Timur menjelang Ramadan terhitung aman. Tak hanya itu, dari datanya, stok beras ini mencukupi hingga akhir tahun nanti.

"Jadi stok beras Bulog saat ini ada 601.000 ton. Stok tersebut cukup sampai akhir tahun. Yang kedua barang kita sedang menyerap produk lokal, kita sedang beli sekarang, setiap hari yang memasok antara 2.000-2.500 stok per hari," papar Kepala Divre Bulog Jatim Muhammad Hasyim di Surabaya, Kamis (25/4/2019).

Sementara, Hasyim mengatakan setiap bulan kebutuhan di Jatim hanya 3.000 ton. Jadi, stok 601.000 ini dinilai sangat cukup untuk hingga akhir tahun nanti.


"Kebutuhan kita per bulan sekitar 3.000 Ton jadi sangat jauh sementara yang tersedia ada 600.000 jadi sangat jauh," lanjutnya.

Tak hanya itu, untuk kebutuhan.pangan lainnya, Hasyim mengatakan stok di Jatim masih melimpah. Misalnya saja untuk gula dan minyak goreng. Hasyim menambahkan stoknya aman.

"Saat ini stoknya ada beras gula pasir 6.600 ton, kemudian minyak goreng ada 41.000 liter kemudian tepung terigu ada 12.000 atau 12 ton dan ada jagung untuk peternak jagung yang untuk pakan ternak itu kurang lebih sekitar 75.000 ton," imbuhnya.


Meski stok terbilang aman, Hasyim mengatakan operasi pasar tetap berjalan untuk menjaga harga tetap stabil. Karena, jika harga sembako sudah naik, otomatis akan susah untuk menurunkan.

"Harga itu kalau sudah terlanjur naik itu sulit untuk terkendali. Makanya operasi pasar itu terus kita lakukan supaya dia tidak naik, karena kalau sudah naik sulit diturunkan. Kalau operasi pasar sudah kami lakukan sejak Januari dan ini akan kita lakukan sampai akhir tahun," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed