Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 17:48 WIB

Cek Bahan Pangan, Gubernur Banten Temukan Bawang Putih Rp 48.000/Kg

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Gubernur Banten Wahidin Halim/Foto: Bahtiar Rifai/detikcom Gubernur Banten Wahidin Halim/Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom
Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim dan Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir melakukan sidak bahan pokok di Pasar Induk Rau, Kota Serang. Sidak dilakukan untuk mengecek ketersediaan bahan pokok jelang puasa.

Gubernur Wahidin mengatakan, bahan pokok jelang puasa ia sebut fluktuatif, tapi ada kenaikan harga khususnya untuk bawang putih seharga Rp 48.000/kg.

"Saya lihat masih terjaga stabilitas kebutuhan pokok. Kalau pasar berdasarkan suplay and demand. Kita akan pantau terus jangan sampai terlampau melambung," kata Wahidin di Kota Serang, Banten, Senin (29/4/2019).


Ia mengatakan, dari hasil sidak ini, Pemda dan satgas bahan pokok akan melakukan rapat pengendalian harga. Termasuk akan intervensi harga pasar khusus untuk bawang putih.

"Nanti dengan operasi pasar, hari ini kita ingin tahu persis di lapangan. Kita berbuat untuk menstabilkan," ujarnya.

Sementara, Irjen Tomsi menambahkan, untuk menghindari penimbunan, pihaknya akan memantau gudang agar tak ada penimbunan.

"Sementara yang naik baru satu item bawang putih. Besok ada intervensi untuk bawang putih operasi pasar dari Bulog untuk bawang putih," tambahnya.


Pihaknya juga lanjutnya akan melakukan operasi pasar jelang puasa. Sejauh ini, pihaknya belum menemukan adanya upaya penimbunan yang menyebabkan kenaikan harga di pasar khususnya di Banten.



Tonton video Dear Ibu-ibu, Harga Bawang Putih di Probolinggo Naik 100 Persen:

[Gambas:Video 20detik]


Cek Bahan Pangan, Gubernur Banten Temukan Bawang Putih Rp 48.000/Kg
(bri/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed