Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 04 Mei 2019 14:30 WIB

Angka Pengangguran AS 3,6%, Terendah Sejak 50 Tahun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jakarta - Angka lapangan kerja Amerika Serikat (AS) tercatat melonjak pada April 2019. Mengutip Reuters angka ini dibarengi dengan menurunnya angka pengangguran ke level terendah.

Mengutip Reuters, Sabtu (4/5/2019), membaiknya angka ini menunjukkan pertumbuhan yang berkesinambungan dalam kegiatan ekonomi AS, bahkan ketika stimulus besar-besaran yang dilakukan tahun lalu. Seperti pemangkasan pajak dan peningkatan anggaran belanja.

Berdasarkan laporan Departemen ketenagakerjaan AS disebutkan ada 263.000 pekerja baru yang masuk di sektor Industri. Angka ini menyebabkan angka pengangguran turun ke level 3,6% terendah sejak Desember 1969.



Meskipun angka pengangguran turun, namun tak diiringi dengan kenaikan upah.

Chairman The Federal Reserve Jerome Powell menyebut saat ini pertumbuhan ekonomi AS lebih kuat dari yang diperkirakan. Angka inflasi juga lebih rendah.

Kepala Ekonom UniCredit Research, Harm Bandholz menjelaskan menurunnya angka pengangguran ini menunjukkan kesehatan ekonomi AS yang membaik. Namun tak adanya kenaikan upah membuat bank sentral AS harus mengetatkan kebijakan.

Disebutkan ekonomi yang kuat, seperti tenaga kerja berpotensi membuat Trump bisa kembali terpilih menjadi Presiden. Memang, Trump mengharapkan pertumbuhan ekonomi ini bisa menjadi bekal untuk kemenangannya pada pemilihan presiden yang lalu.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com