Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Mei 2019 12:30 WIB

Harga Bawang Putih di Solo Masih Tinggi, Capai Rp 70.000/Kg

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Foto: Bawang Putih di Soo (Bayu Ardi Isnanto/detikFinance) Foto: Bawang Putih di Soo (Bayu Ardi Isnanto/detikFinance)
Solo - Memasuki hari kedua Ramadhan, harga sejumlah komoditas di Solo berada di atas harga normal. Terpantau dalam sidak Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Surakarta di Pasar Gede, harga bawang putih masih mencapai Rp 70 ribu per kg.

Di kios milik Lastri, bawang putih dijual Rp 70 ribu per kg. Harga tersebut naik dibandingkan beberapa hari yang lalu, yaitu seharga Rp 60 ribu per kg.

"Dua hari kemarin sempat Rp 90 ribu, tapi langsung turun Rp 60 ribu. Memang sering kosong, jadi harganya naik turun," kata Lastri, Selasa (7/5/2019).


Berbeda di kios Samini, harga bawang putih sudah turun dari Rp 70 ribu menjadi Rp 55 ribu per kg. Penurunan harga mengikuti harga yang ditetapkan distributor.

"Tidak tahu kenapa turun harganya. Saya ambil dari Pasar Legi, harganya mengikuti dari sana saja," ujar Samini.

Masih di kios Samini, harga cabai terus merangkak naik. Cabai merah besar dari harga Rp 23 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg, cabai rawit dari Rp 22 ribu naik jadi Rp 27 ribu per kg.

Harga telur ayam juga naik dari Rp 22 ribu menjadi Rp 24 ribu per kg. Sedangkan harga ayam potong juga mengalami peningkatan dari Rp 30 ribu menjadi Rp 32 ribu per kg.

"Harga ayam ini cenderung susah turun. Naik sejak sebelum Ramadhan karena banyak orang punya hajat. Nanti mungkin bisa terus naik sampai Rp 35 ribu," kata Warti pedagang ayam potong.


Anggota TPID dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Surakarta, Bakti Artanta, harga bawang putih yang melambung tinggi sudah mulai turun. Pedagang sebagian menjualnya masih dengan harga tinggi karena menghabiskan stok.

"Bawang putih sudah turun sampai Rp 55 ribu. Kalau ada yang jual sampai Rp 70 ribu itu stok lama," kata Bakti usai sidak.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Surakarta, Subagiyo, mengatakan harga bawang yang tinggi merupakan akibat permintaan yang tinggi. Dia meminta masyarakat agar bijak dalam membeli bahan pokok.

"Sebenarnya ada tiga jenis bawang, ada yang Rp 30-an ribu, maka disesuaikan saja dengan kemampuan. Kalau membeli secukupnya saja," ujar dia.


Harga Bawang Putih di Solo Masih Tinggi, Capai Rp 70.000/Kg
(bai/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com