Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Mei 2019 14:43 WIB

Ekonomi RI Bisa Tumbuh 5,3%? Sri Mulyani: Insyaallah

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun 2019 yang dipatok sebesar 5,3%.

"Insyaallah kita akan usahakan," kata Sri Mulyani di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Keyakinan ini muncul karena realisasi pertumbuhan ekonomi triwulan I-2019 yang sebesar 5,07% atau naik tipis dibandingkan periode yang sama tahun 2018 sebesar 5,06%.

"Kalau dilihat dari komponen pertumbuhan ekonomi, memang kuartal I kita lihat dari sisi konsumsi, investasi, mestinya bisa lebih tinggi lagi. Mungkin dalam hal ini yang dilakukan pemerintah untuk menggenjot keutamaan dari sisi belanja sosial yang sudah meningkat cukup bagus itu menolong untuk terutama rumah tangga yang kelompok bawah," jelasnya.


Meski demikian, lanjut Sri Mulyani, target tersebut tak akan bisa tercapai bila pemerintah tidak berbuat apa-apas selama sisa waktu yang ada hingga akhir tahun nanti.

Untuk itu, kata Sri Mulyani, pihaknya akan bekerja keras dalam hal memperbaiki iklim investasi agar banyak investasi masuk yang diharapkan bisa mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi.

"Bapak presiden sudah meminta agar situasi investasi di Indonesia bisa diperbaiki," tandas dia.

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com