Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Mei 2019 16:32 WIB

Sempat Sentuh Rp 80 Ribu/Kg, Harga Bawang Putih di Rembang Turun

Arief Syaefudin - detikFinance
Foto: Arif Syaefudin - detikFinance Foto: Arif Syaefudin - detikFinance
Rembang - Harga bawang putih di pasar kota Rembang per hari ini, Kamis (9/5/19) mengalami penurunan harga setelah kemarin sempat tembus seharga Rp 80 ribu per kilogram. Rata-rata penurunan harga bawang putih jenis kating di Rembang menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang di pasar kota Rembang, Gunarti menyebut harga bawang putih mulai turun sejak pagi tadi. Mulai dari bawang putih jenis kating dan bawang putih biasa. Bahkan harga bawang merah juga mengalami penurunan.

"Kemarin pas pertama puasa ini (bawang putih kating) sampai harga Rp 80 ribu per kilogram. Sekarang jual Rp 60 ribu. Yang bawang putih biasa, sekarang Rp 50 ribu, tadinya Rp 60 ribu. Bawang merah juga (turun), kemarin nyampe Rp 40 ribu, sekarang kisaran Rp 28 ribu Rp 30 ribu," katanya saat ditemui di pasar kota Rembang, Kamis (9/5/19).

Sementara salah seorang pengecer bawang putih asal Desa Sendangagung Kecamatan Kaliori, Rembang, Sudarmi menyebut kondisi penurunan harga diprediksi akan terus terjadi.

Sebab, saat ini kondisi di tingkat petani sedang panen raya. Sedangkan kemarin saat harga meroket hingga tembus di angka Rp 80 ribu per kilogram, akibat stok di tingkat petani kosong karena belum panen.

"Ini nanti ya akan terus turun. Bahkan bisa jadi besok pas lebaran malah harga anjlok karena ini stoknya. Kemarin kan memang harga sampai mahal, itu ya memang banyak yang mengeluh. Saat itu kan memang sedang kosong. Lha sekarang sudah panen, stoknya banyak, harga turun," jelas Sudarmi.

Tak hanya bawang putih yang menjadi sorotan, harga bawang merah juga mengalami penurunan hingga 30 persen. Dari yang semula Rp 40 ribu kini menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Termasuk jenis cabai-cabaian juga mengalami penurunan harga di pekan awal Ramadhan ini.

"Cabai merah sekarang Rp 20 ribu, tadinya ya Rp 30 ribu. Malah ada beberapa yang sampai Rp 12 ribu sekarang yang kecil-kecil itu. Rawit, kisaran harga sih masih aman ya, Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu per kilogram," imbuhnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed