Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Mei 2019 15:26 WIB

Terlanjur Nyaman, Orang Tetap Naik Pesawat untuk Mudik Meski Mahal

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Harga tiket pesawat masih belum turun. Meski begitu, masyarakat dinilai akan tetap menggunakan moda transportasi ini untuk mudik Lebaran.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini Sutikno mengatakan, masyarakat sudah terlanjur nyaman menggunakan pesawat untuk mudik Lebaran karena lebih cepat dibanding moda transportasi lainnnya. Karenanya, kata Mike, masyarakat tak akan dengan mudah pindah moda transportasi lain untuk mudik Lebaran.

"Kalau ini kita ganti, dari naik pesawat jadi naik kereta, ya kita pasti berkorban waktu. Sementara liburan lebaran itu tidak tambah panjang seenaknya, kan begitu," kata Mike kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (11/5/2019).


"Misalnya dengan pesawat 1 jam, dengan kereta 8 jam. Waduh itu pasti mikir 10 kali dulu," sambung Mike.

Mike menambahkan, dari sisi perencana keuangan, seharusnya kegiatan mudik disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Namun, biasanya hal itu tak berlaku untuk mudik Lebaran.


Sebab, kata Mike, orang-orang bahkan akan melakukan apapun untuk bisa mudik Lebaran meski tak memiliki biaya yang cukup.

"Value-nya itu mudik bukan karena tiket pesawat murah. Berbeda dengan orang biasanya liburan, lokal tourism, dia mau jalan-jalan karena ada momen tiket pesawat murah. Jadi bukan karena dia emang mau ke Yogyakarta, ke Bali, tapi karena memang tiket pesawatnya murah," jelasnya.

"Nah kalau mudik ini berbeda cerita ya. Mudik ini seperti sesuatu yang benar-benar dibutuhkan. Bagian dari ibadah bahkan. Levelnya sudah berbeda. Bagian dari Hari Raya," tutur Mike. (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed