Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Mei 2019 14:45 WIB

Jakarta-Padang Naik Garuda Kemarin Rp 1,9 Juta Sekarang Rp 1,7 Juta

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dikhy Sasra Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyatakan telah menurunkan tarif pesawat. Hal itu sejalan keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memangkas tarif batas atas (TBA) sebesar 12-16%.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, perusahaan mengikuti keputusan regulator.

"Ya pasti lah (turun), kalau regulator sudah memerintahkan operator harus mengikuti lah. Mau ngapain lagi coba," katanya kepada detikFinance, Jumat (17/5/2019).


Ikhsan tak memaparkan secara rinci tarif rute mana saja yang turun. Namun, dia bilang, begitu menerima surat edaran, Garuda Indonesia langsung menyesuaikan tarif.

"Aku kaitan rute, kan banyak tuh, kan poinnya sudah dikasih edaran rute-rutenya kita langsung sesuaikan," ujarnya.

"Tapi poinnya begitu dapat lampiran, penyesuaian Sabtu ya? Yaudah kita langsung eksekusi penyesuaian," sambungnya.

Meski begitu, Ikhsan tak menepis penurunan tarif batas atas ini memberatkan kinerja Garuda Indonesia. Sebab, penurunan tarif batas atas dilakukan di saat beban operasional meningkat.

Sebab itu, dia berharap, adanya insentif dari seluruh pemangku kepentingan untuk menurunkan tarif tiket pesawat.

"Ya mungkin biaya kebandaraan, atau yang lain yang berkaitan dengan cost-cost yang bisa diturunkan yang berkaitan dengan kebandaraan, insentif lain," ungkapnya.

Sementara, berdasarkan penelusuran detikFinance, harga tiket pesawat Garuda di biro travel untuk beberapa rute turun tipis jika dibanding kemarin, Kamis (16/5/2019).


Tiket Garuda rute Jakarta-Padang hari ini dijual seharga Rp 1.758.600. Lebih rendah dibanding dari harga kemarin Rp 1.974.200. Beranjak ke rute lain Jakarta-Surabaya hari ini tiketnya dihargai 1.614.500. Tiket untuk rute tersebut tak tersedia Kamis lalu.

Berikutnya, rute Jakarta-Yogyakarta. Pada hari ini harga tiketnya dibandrol Rp 1.081.100. Sehari sebelumnya harganya Rp 1.211.900.

Di rute lain, Jakarta-Bali hari ini tersedia dengan harga Rp 1.709.100 dan Rp 1.914.800. Kemarin, harganya Rp 1.914.800.



Tonton video ak Turunkan Harga Tiket, Menhub Ancam Maskapai dengan Pinalti:

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed