Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Mei 2019 13:21 WIB

Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Pelabuhan Boom Baru bakal Melonjak

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock) Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Palembang - Pengelola Pelabuhan Boom Baru, PT Pelindo (Persero) II Palembang, saat ini mulai mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang selama arus mudik Lebaran 2019. Pelindo memprediksi jika tahun ini akan ada lonjakan penumpang secara signifikan.

"Jumlah pemudik Lebaran tahun ini kami prediksi lebih tinggi dari tahun lalu. Tentu ini dipicu harga tiket pesawat yang tinggi sehingga masyarakat meilih transportasi lain," kata General Manager PT Pelindo II cabang Palembang, Agus Edi Santoso ditemui di Palembang, Rabu (22/5/2019).

Dikatakan Agus, peningkatan diprediksi terjadi untuk rute Palembang-Munthok, Bangka. Tingginya harga tiket pesawat menjadi alasan utama pemudik di tahun ini beralih menggunakan jalur darat dan laut.


Sementara untuk kepadatan arus mudik, Agus memprediksi mulai terjadi dari H-7. Bahkan pada tahun lalu yang tercatat 62 ribu penumpang akan terjadi lonjakan di beberapa pelabuhan.

"Untuk mendukung itu IPC Palembang telah menyiapkan dermaga sepanjang 300 meter dengan didukung gedung terminal penumpang seluas 366 meter persegi dengan kapasitas hingga 400 orang. Ada lagi beberapa fasilitas lain untuk mendukung arus mudik Lebaran," kata Agus.

Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru kini tercatat masih melayani kapal penyeberangan Express Bahari rute dari Palembang-Muntok, Pulau Bangka, dan sebaliknya.

"Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang kapal, manajemen IPC telah menyiapkan fasilitas, sarana pendukung. Seperti penyediaan dermaga sepanjang 300 meter, ruang tunggu yang nyaman, ruang laktasi, ruang VIP, smoking room, musholla dan ruang perawatan," katanya.


Terakhir PT Pelindo juga telah membuka posko arus mudik dan arus balik di titik keramaian yang ada di Pelabuhan Boom Baru. Posko tersebut merupakan posko pelayanan pemudik, baik informasi ataupun kesehatan dan sebagainya.

"Kita bekerjasama dengan kepolisian, TNI, dinas kesehatan, dan lainnya untuk bersinergi memberikan pelayanan bagi masyarakat yang hendak mudik Lebaran tahun ini," tutupnya. (ras/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com