Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Mei 2019 13:25 WIB

Ada Demo 22 Mei, PNS Pulang/Libur Tergantung Masing-masing K/L

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tidak merilis pengumuman memulangkan atau meliburkan PNS terkait aksi demo di Jakarta. Meski begitu, KemenPAN-RB menyatakan para pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) yang menentukan para PNS perlu dipulangkan lebih awal atau tidak.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir kepada detikFinance, Rabu (22/5/2019).

"Kebijakan ada di pimpinan KL masing-masing memperhatikan situasi yang ada," ujar Muzakir.


Dia juga mengimbau setiap K/L tetap memperhatikan imbauan dari petugas keamanan di lapangan.

"Tidak ada imbauan khusus tapi kami mengharapkan para PNS memperhatikan dan mengindahkan informasi dan arahan dari aparat keamanan dan tetap melaksanakan tugas sesuai kewajibannya," tutur Muzakir.

Yang jelas sejumlah kementerian telah mengambil kebijakan untuk mengamankan keselamatan para pegawai masing-masing. Contohnya, para pegawai Kementerian Keuangan yang berlokasi di DKI Jakarta diperbolehkan pulang lebih cepat dari biasanya. Kebijakan itu tertuang dalam surat edaran nomor SE-10/MK.1/2019 tentang Pemberian Dispensasi Bagi Pegawai Kementerian Keuangan Yang Berlokasi Kerja Di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Sehubungan Dengan Aksi Terkait Pengumuman Hasil Pemilu 2019.

"Pimpinan Kemenkeu dapat mengijinkan pegawainya utk dpt pulang lbh awal dan menjalankan pekerjaan jarak jauh atau dr rumah," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi di Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (22/5/2019).


Selain itu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meliburkan pegawai yang berkantor di Sekretariat Jenderal Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Diliburkannya pegawai menyusul adanya aksi 22 Mei.

"Menyikapi perkembangan kondisi terkini sekitar kantor Setjen maka sesuai arahan Bapak Wamen (Arcandra Tahar), seluruh pegawai Setjen yang berkantor di Jalan Merdeka Selatan diliburkan hari ini. Demikian menjadi maklum," tulis imbauan Kementerian ESDM, Rabu (22/5/2019). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed