Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 26 Mei 2019 03:35 WIB

Jelang Lebaran, Cek Tanggal Kedaluwarsa Sebelum Beli Barang!

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari, kebutuhan barang jelang hari raya pun meningkat. Masyarakat pun diimbau untuk berhati-hati dalam membeli barang.

Menurut Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah sebelum membeli barang, konsumen harus terlebih dahulu mengecek barang, khususnya terkait kedaluwarsa. Ia meminta agar konsumen lebih teliti dengan membaca label masa kedaluwarsa.

"Konsumen harus teliti sebelum membeli barang maupun jasa, harus teliti membaca label dan juga masa kedaluwarsa pada produk, pastikan produk aman dan tidak kedaluwarsa," ungkap dia dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Sabtu (25/5/2019).

Lebih lanjut, ia memberikan tips bertransaksi jelang Lebaran. Pertama, teliti sebelum membeli produk, baik barang maupun jasa. Kemudian, memastikan produk sesuai dengan standar mutu K3L (Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan).


Ardiansyah juga meminta masyarakat membeli produk sesuai dengan kebutuhan. Serta, terakhir memastikan label, MKG, dan masa kedaluwarsa sesuai.

Selain itu, ia juga juga meminta agar para pelaku usaha berjualan dengan cara yang jujur dan memberikan pernyataan yang tidak keliru terkait produk jualannya. Serta, imbau juga untuk menukarkan uang melalui tempat-tempat resmi.

"Diimbau masyarakat melakukan penukaran uang di tempat-tempat resmi, yaitu di perbankan untuk menjamin keasliannya," tutup dia.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com