Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mei 2019 14:49 WIB

Jelang Lebaran, Harga Cabai Merah Naik Jadi Rp 30.000/Kg

Arif Syaefudin - detikFinance
Ilustrasi cabai merah/Foto: Arbi Anugrah Ilustrasi cabai merah/Foto: Arbi Anugrah
Rembang - Harga cabai merah mulai naik sepekan sebelum Lebaran tiba. Di Kabupaten Rembang contohnya, harga cabai merah naik Rp 10.000, dari Rp 20.000/kilogram menjadi Rp 30.000/kilogram.

Kenaikan harga tersebut baru terjadi hari ini, Senin (27/5/19). Sementara untuk komoditas sayuran lainnya berdasarkan pantauan, harga diketahui masi stabil.

"Hari ini tadi baru naik, cabai merah. Tadinya Rp 20 ribu sekarang Rp 30 ribu per kilo, naik Rp 10 ribu. Tapi kalau yang lain, masih stabil. Kalau yang hijau Rp 15 ribu, yang rawit Rp 10 ribu," kata salah seorang pedagang di Pasar kota Rembang, Ebit, Senin (27/5/19).


Berdasarkan pantauan Bupati Rembang Abdul Hafidz bersama dengan jajaran di Pasar kota Rembang, tidak ada temuan menonjol. Termasuk harga bawang putih yang pada bulan April lalu sempat tembus harga Rp 80 ribu per kilogram kini stabil di harga Rp 40 ribu per kilogram.

"Yang kita sidak ini semuanya stabil semua. Hanya saja ada yang mengalami kenaikan harga. Cabai dan ayam kampung. Kami akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar cabai ini tidak melambung tinggi. Apakah ini memang pasokan yang kurang, atau memang ada permainan di bawah," kata Hafidz.


Ia pun memastikan pasokan maupun stok kebutuhan pangan seperti sayuran, daging, dan beras di wilayah Kabupaten Rembang selama lebaran nanti akan terpenuhi.

"Pokoknya saya berani menjamin stok kebutuhan pangan di Rembang tetap aman selama lebaran ini. Kalau memang proses jual belinya normal ya, artinya tidak ada penimbunan dan lain sebagainya," tegasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com