Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Jun 2019 15:00 WIB

Tiket Bandung-Medan Rp 21 Juta di Agen Travel, Kemenhub: Ngaco Itu!

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Kendari - Beberapa waktu yang lalu, masyarakat dihebohkan dengan tiket penerbangan dari Bandung ke Medan yang dijual Rp 21 juta. Harga tiket itu dijual melalui online travel agent (OTA) Traveloka.

Terkait hal itu, Direktorat Angkutan Udara, Kementerian Perhubungan telah memanggil Traveloka, Garuda Indonesia dan Lion Air. Hasilnya Traveloka diminta untuk merombak sistem penjualannya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti menjelaskan, terkait kehebohan tiket pesawat Rp 21 juta itu adalah murni akibat sistem penjualan Traveloka.

"Iya itu ngaco itu Traveloka. Jadi mereka itu pakai seperti search engine. Orang mau cari tiket dari kan enggak semua penerbangan ada. Otomatis kalau ada yang mau beli mesinnya cari jalan ke mana dulu baru ke mana baru ke Medan. Jadi keliling dunia dulu, itu yang bikin mahal," ujarnya kepada detikFinance, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (3/6/2019).

Akhirnya, Traveloka dan OTA lainnya akan diminta menerapkan aspek transparansi dalam sistem penjualannya. Sebab, maskapai sebenarnya hanya menentukan direct flight.


Menurut Polana yang dirugikan dalam hal ini bukan hanya penumpang tapi juga maskapai. Oleh karena itu pihaknya meminta maskapai mengawasi ketat para OTA dalam menjajakan tiket pesawat.

"Makanya maspakai juga dipanggil agar dia mengawasi online travel agent," tegasnya.

Masyarakat sebagai penumpang juga diminta agar lebih teliti sebelum membeli tiket pesawat. Jika harga yang ditawarkan tak masuk akal, maka harus menelaah kembali tiket tersebut.

"Pokoknya yang jelas travel agent harus transparan entah bagaimana caranya. Harus diperjelas direct atau transfer. biaya rutenya dan waktunya perjalanannya," tutup Polana.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com