CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Jun 2019 15:17 WIB

Besok, Biodiesel 30% Diuji Coba

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Biodiesel/Foto: Istimewa/Kementerian Pertanian Biodiesel/Foto: Istimewa/Kementerian Pertanian
Jakarta - Pemerintah berupaya meningkatkan penggunaan bahan bakar nabati. Salah satunya, dengan merealisasikan biodiesel 30% (B30).

Rencananya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan meluncurkan uji coba B30 besok, Kamis (13/6/2019).

"Besok kita mau launching B30, top nggak? Top. Di sini (Kementerian ESDM)," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (12/6/2019).


Djoko mengatakan langkah ini merupakan bagian upaya pemerintah untuk mendorong penggunaan bahan bakar ramah lingkungan. Menurutnya, uji coba akan dilakukan terus-menerus hingga benar-benar siap diterapkan.

"Ya ini kan kita uji coba terus, launching resminya kan besok," ujarnya.

Dia berharap, B30 bisa diterapkan pada tahun depan atau 2020.

"Iya (uji coba), tapi sudah kita launching artinya pemerintah dukung kan. Mudah-mudahan tahun depan bisa diterapkan langsung. Uji coba terus, sampai Januari kita mulai," tutupnya.


Sebelumnya pemerintah bersama Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) mulai melakukan uji coba B30. Hal ini diharapkan bisa memangkas impor bahan bakar minyak (BBM) hingga 55 juta barel. Angka tersebut setara dengan volume B30 yang akan diujicobakan yakni 9 juta kiloliter (kl).

Artinya, B30 akan menggantikan pemakaian BBM impor sebesar 55 juta barel. Hal ini seperti yang ditanyakan oleh awak media terkait angka penghematan impor BBM.

"Ini kebutuhannya (kebutuhan B30) 9,6 juta hingga 10 juta kl, kita bulatkan ke 9 juta kl. Kalau dibawa ke barel bisa 55 juta barel lho produksi biodiesel Indonesia yang bisa diserap atau setara dengan 70 hari kerja Pertamina," ungkap Ketua Harian Aprobi Paulus Tjakrawan dalam temu media di kantor Aprobi, Kuningan, Jakarta, Kamis (2/5/2019). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Putusan Sengketa Pilpres 2019
Putusan Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya