CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Jun 2019 16:20 WIB

Mau Masuk Sekolah Mahal, Berapa Sih Biayanya?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Setiap orang tua pastinya ingin agar anaknya mendapatkan pendidikan terbaik. Karena itu, tak jarang orang tua ingin menyekolahkan anaknya untuk bisa masuk ke sekolah berkelas internasional dengan biaya yang selangit.

Lantas, berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk memasukkan anak ke sekolah seperti itu?

detikFinance mencoba untuk menghubungi salah satu sekolah berkelas internasional, yakni Highscope. Sekolah swasta yang memiliki jaringan di wilayah itu mematok biaya untuk uang pangkal masuk Sekolah Dasar (SD) hingga mencapai Rp 70 juta. Sementara biaya bulanannya sebesar Rp 6,6 juta.

"Enrollment fee-nya itu Rp 70 juta, untuk paket langsung di grade 1 sampai grade 6, itu sudah paket. Kemudian untuk school fee nya, per bulan kita kena di Rp 6,6 juta," kata salah seorang staff Highscope saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (12/6/2019).


Biaya tersebut juga mencakup berbagai kegiatan sekolah anak lainnya. Contohnya study tour, atau kegiatan anak yang lainnya.

Namun, biaya itu belum termasuk biaya program pendidikan lainnya seperti ekstrakurikuler yang nantinya bisa diikuti si murid. Namun, kegiatan tersebut bukan merupakan kurikulum wajib yang harus diikuti oleh para murid, melainkan hanya pilihan. Namanya, program enrichment.

"Kita ada program enrichment, kalau misalkan anak tertarik dengan program enrichment kami, nanti itu ada pembayaran kembali di luar biaya yang tadi saya sebutkan. Itu kurang lebih di Rp 2 juta," katanya.

(fdl/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed