Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Jun 2019 17:45 WIB

Tiket Pesawat Mahal, Sri Mulyani Minta K/L Hemat Perjalanan Dinas

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Belakangan ini harga tiket pesawat melambung tinggi. Kondisi ini membuat masyarakat berpikir dua kali melakukan perjalanan udara, termasuk Kementerian dan Lembaga (K/L).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, selaku bendahara negara pun meminta Kementerian dan Lembaga melakukan berhemat dalam perjalanan dinas.

"Sebetulnya dari keseluruhan belanja K/L untuk perjalanan dinas itu kita minta diefisiensikan. Jadi mungkin kalau kenaikan tarif dari tiket-tiket tentu nanti akan terlihat," ujar Sri Mulyani di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Rabu (12/6/2019).


Sri Mulyani mengaku sudah berpesan terkait anjuran efisiensi tersebut. Bukan hanya dari sisi perjalanan dinas tapi juga belanja barang.

Sri Mulyani mengatakan, dampak dari kenaikan tiket pesawat akan terlihat dari laporan penggunaan anggaran setiap KL. Menurutnya, bisa saja belanja untuk perjalanan dinas di masing-masing KL bisa diminimalisir dengan penghematan di pos belanja yang lain.

"Jadi mungkin mereka juga akan melakukan efisiensi biasanya, kalau ada kenaikan di satu sisi tapi kemudian mereka melakukan efisiensi di tempat lain," tutupnya.

(das/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com