Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Jun 2019 15:04 WIB

Perusahaan AS Investasi Rp 710 M untuk Budidaya Amberjack di Manado

Michelle de Jonker - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Perusahaan budidaya perikanan kelautan Amerika Serikat (AS) Forever Oceans berinvestasi US$ 50 juta atau setara Rp 710 miliar (kurs Rp 14.200/US$) di Sulawesi Utara untuk budidaya ikan jenis Bobara atau amberjack.

Ikan hasil budidaya itu nantinya akan dimanfaatkan untuk keperluan ekspor ke Amerika Serikat.

CEO Global Foverer Oceans Jason Heckathorn menjelaskan, Manado dipilih jadi lokasi budidaya karena lokasi ini dikenal memiliki hasil laut ikan amberjack dengan kualitas yang tinggi dan baik.


Dengan investasi ini, diharapkan akan tercipta pusat ekonomi baru dan terbuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

"Kami berinvestasi miliaran rupiah dan akan menyediakan jutaan lapangan kerja, di Sulawesi Utara, tentu juga akan melibatkan komunitas nelayan lokal disini," kata dia di Manado, Senin (17/6/2019).

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam kesempatan yang sama menjelaskan, realisasi investasi ini diharapkan tak hanya dirasakan dari sisi pembukaan lapangan kerja tapi juga peningkatan kapasitas SDM atau tenaga kerja. Dimana, para nelayan bisa memperoleh transfer keterampilan dan transfer teknologi budidaya ikan amberjack.

"Target keuntungan yang bisa kita dapat selain miliaran tentunya, kita bisa belajar banyak teknologi, peningkatan SDM, peningkatan pajak, pengangguran dapat pekerjaan," ungkap Olly Dondokambey.


Sementara itu, Duta besar Amerika Serikat Dubes Joseph R Donovan Jr, juga menjanjikan akan banyak investasi besar lainnya yang akan kami bawa ke Indonesia kedepannya.

"Dan setelah ini kedepannya akan ada investasi-investasi besar lagi yang akan kami bawa ke Indonesia", kata Joseph R Donovan Jr. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com