Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Jun 2019 13:05 WIB

Pesawat Jet Komersial Pindah ke Kertajati Paling Lambat 1 Juli

Puti Aini Yasmin - detikFinance
BIJB Kertajati/Foto: Rachman Haryanto BIJB Kertajati/Foto: Rachman Haryanto
Majalengka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan per 1 Juli 2019 pesawat jet Komersial dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung sudah pindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Budi Karya menjelaskan saat ini pihaknya masih menunggu kesiapan dari maskapai. Pasalnya, beberapa maskapai baru mulai memindahkan di akhir bulan ini.

"Kita rencanakan paling lambat 1 Juli airlines bertahap (pindah ke Kertajati). Ada tanggal 20, dan 23 paling lambat di sini (maskapai pindah)," ungkap dia usai rapat di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (18/6/2019).


Lebih lanjut, ia menjelaskan dengan dipindahkanya 13 rute penerbangan maka Bandara Kertajati akan melayani 56 penerbangan yang terdiri dari 28 keberangkatan dan 28 kedatangan.

"Ada 28 take off dan 28 landing berarti 56 yang pindah ke Kertajati, yaitu semua pesawat jet dalam negeri," paparnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana Pramesti mengatakan 13 rute yang dipindahkan tersebut mulai menuju Banjarmasin, Batam, Bali, hingga Ujung Pandang.


"56 itu akan ke Banjarmasin, Batam, Bali, Kualanamu, Lombok, dan Pekanbaru, Ujung Pandang dan sebagian yang menggunakan jet akan pindah ke sini," jelas dia.

Sementara itu, rapat digelar mulai pukul 08.30 WIB hingga 10.30 WIB bersama PT Angkasa Pura II dan perwakilan maskapai mulai dari Garuda hingga Lion Air.



Tonton video Penampakan Sepi di Bandara Internasional Kertajati:

[Gambas:Video 20detik]


Pesawat Jet Komersial Pindah ke Kertajati Paling Lambat 1 Juli
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed