Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Jun 2019 15:12 WIB

Jet Komersial Pindah ke Kertajati, Bagaimana Nasib Bandara Husein?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Bandara Husein Sastranegara/Foto: Mochamad Solehudin Bandara Husein Sastranegara/Foto: Mochamad Solehudin
Majalengka - Sebanyak 13 rute penerbangan pesawat jet komersial akan dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati. Dengan dipindahkannya 13 rute tersebut membuat slot penerbangan di Bandara Husein Sastranegara kosong atau tidak sepadat sebelumnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada operator bandara, yaitu PT Angkasa Pura II agar Bandara Husein Sastranegara dikembangkan untuk melayani rute internasional sehingga slot yang tersedia bisa dimanfaatkan.

"Berkurang tapi harapan growing karena Bandung banyak sekali permintaan slotnya. Jadi dengan kaya gini slot ada lagi jadi semua terpenuhi," ungkap dia usai rapat di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (18/6/2019).


Lebih lanjut, Budi menjelaskan Bandara Husein Sastranegara sendiri di luar 13 rute pesawat jet komersial akan melayani 64 penerbangan yang terdiri dari rute internasional dan domestik Jawa menggunakan pesawat jenis propeller.

"Di Bandung semua propeller dan semua penerbangan luar negeri yang totalnya sekitar 32 take off dan 32 landing yang totalnya 64. Jadi itu pembagian yang kita sepakati," papar dia.

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com