Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Jun 2019 16:52 WIB

Giliran Pelaku UMKM Sumbang Usulan ke Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma/detikcom Foto: Hendra Kusuma/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini bertemu dengan para pelaku usaha kecil menengah di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Kepala Negara memanggil pengusaha besar yang tergabung di Hipmi, Kadin Indonesia, Apindo, dan Hippindo.

Sekarang Jokowi menerima para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo), Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumandiri), Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo).

"Saya ingin agar sore hari ini mendapat masukan-masukan dalam rangka mendesain kebijakan terutama usaha mikro kecil menengah," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/6/2019).


Jokowi menyebut, jumlah pelaku UMKM sebanyak 62,9 juta di seluruh Indonesia. Dia pun memberikan kesempatan kepada para pelaku untuk menyampaikan tiga usulan apa yang harus dikerjakan pemerintah.

"Saya juga ingin tahu banyak, masukannya 1, 2, 3 cukup tapi bisa menetas. Jadi kalau usulan terlalu banyak kita malah lupa," jelas dia.


Menurut Jokowi, pemerintah masih memiliki kesempatan untuk mengembangkan UMKM nasional. Bahkan dirinya juga pernah merasakan membangun usaha mulai dari nol.

"Dan mungkin juga nanti tolong disampaikan apakah masih diperlukan fasilitas-fasilitas dari pemerintah. Tapi juga hati-hati fasilitas terlalu banyak kadang-kadang justru melemahkan entrepreneurship kita semuanya," ujarnya.

"Fasilitas perlu tapi jangan sampai melemahkan karakter entrepreneurship yang kita miliki," sambung dia.


Giliran Pelaku UMKM Sumbang Usulan ke Jokowi
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed