Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Jul 2019 15:31 WIB

Inflasi Inti Juni 0,38% Bikin Darmin Khawatir

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. Kemenko Perekonomian Foto: Dok. Kemenko Perekonomian
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Juni 2019 terjadi inflasi 0,55%. Sementara untuk komponen inti mengalami inflasi sebesar 0,38%.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, inflasi inti sebesar 0,38% terbilang tinggi. Dia khawatir inflasi tahunan di 2019 nantinya lebih tinggi dari proyeksi pemerintah 3,5%.

"Bahan makanan yang agak tinggi. Inflasi inti 0,38% ya sedikit tinggi lah. Karena 12 bulan itu bisa di atas 4%. Kalau administered price malah minus," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Menurut Darmin, perlu ada upaya ekstra untuk menahan laju inflasi hingga akhir tahun. Jika tidak maka target inflasi tahun ini akan meleset.


"Inflasi itu kan bisa diturunkan, itu bedanya dengan yang lain. Artinya harus ada upaya sungguh-sungguh supaya dia tetap di kisaran 3,5%. Kalau nggak akan di atas 4% itu," tambahnya.

Dia menilai pengendalian harga pangan menjadi kunci untuk menjaga laju inflasi. Pemerintah pun berupaya untuk menjaga laju kenaikan harga pangan di semester 2.

"Pengendalian semester 2 ya harus dilakukan di sekarang-sekarang ini, kalau baru Oktober ya telat. Harga pangan bergejolak lah yang akan kita atur," tutupnya.

Sekedar informasi, tingkat inflasi komponen inti tahun kalender periode Januari-Juni 2019 mencapai 1,55%. Sementara tingkat inflasi komponen inti tahun ke tahun sebesar 3,25%.



Simak Video "JK Tampung Keluhan Kepala Daerah soal Transportasi "
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com