Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 20:35 WIB

Round-Up 5 Berita Terpopuler

Seputar Cicilan Rumah DP Rp 0, Isu Bank BUMN Digadaikan ke China

Sylke Febrina Laucereno, Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Halaman 1 dari 6
Foto: Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/ Achmad Dwi Afriyadi, detikFinance Foto: Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/ Achmad Dwi Afriyadi, detikFinance
Jakarta - Berita terpopuler detikFinance Jumat ini, (5/7/2019) masih seputar daftar rumah DP Rp 0 yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hunian vertikal berada di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Sebelumnya diberi nama hunian tersebut diberi nama Klapa Village, namun diganti menjadi Samawa. Kepala UPT Rumah Dp Rp 0, Dzikran Kurniawan menjelaskan terkait kelanjutan rumah DP Rp 0 ini. Ia memaparkan, pendaftaran yang dilakukan masyarakat beberapa waktu lalu ialah proses verifikasi terkait persyaratan.

Syarat untuk memiliki rumah ini sendiri antara lain belum memiliki rumah, warga ber-KTP Jakarta dan tinggal sekurang-kurangnya 5 tahun, tidak pernah menerima subsidi perumahan, dan berpenghasilan Rp 4 juta-Rp 7 juta per bulan.

Jumlah masyarakat yang mendaftar mencapai 2.500-an orang. Dari jumlah tersebut, tersisa 899 orang yang lolos verifikasi.

Berita terpopuler kedua adalah tentang utang yang disebut menggadaikan BUMN ke China. Soal utang ini diungkap anggota Komisi XI Eva Kusuma Sundari dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan direktur utama Bank BUMN, Kamis (4/7/2019). Dia menyebut di media sosial masih ramai isu terkait bank BUMN yang digadaikan ke China.

Mau tahu informasi selengkapnya? Baca 5 berita terpopuler detikFinance berikut ini: (hns/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com