Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 10:51 WIB

Pindah Ibu Kota, RI bakal Belajar dari Brasil hingga Pakistan

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi Jakarta/Foto: Beawiharta/REUTERS Ilustrasi Jakarta/Foto: Beawiharta/REUTERS
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan banyak alasan Indonesia harus belajar dari banyak negara dalam hal memindahkan ibu kota baru.

Bambang menceritakan, alasan Indonesia banyak belajar dari negara-negara yang sudah berhasil memindahkan ibu kota karena tanah air sendiri merupakan negara kepulauan yang paling besar di dunia.

"Kita memindahkan antarpulau tidak seperti Malaysia yang pindah dekat dengan Kuala Lumpur, tapi kita memindahkannya antarpulau," kata Bambang saat acara FMB9 di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Bambang mengatakan, beberapa negara sahabat yang berhasil memindahkan ibu kotanya adalah, Brasil, Malaysia, Korea Selatan, Kazakhstan, Australia, Nigeria, hingga Pakistan.



Saat ini, kata Bambang, salah satu negara yang memiliki kesamaan dengan Indonesia adalah Brasil meskipun bukan negara kepulauan. Salah satu kesamaan adalah memindahkan denyut ekonomi ke wilayah lain agar terciptanya pemerataan pembangunan.

Indonesia saat ini, kata Bambang, denyut perekonomiannya masih terpusat di DKI Jakarta atau secara umum di Pulau Jawa. Begitu juga dengan Brasil yang terpusat di Rio De Janeiro dan Sao Paulo.

Dengan kondisi ekonomi yang terpusat di satu wilayah saja, lanjut Bambang, maka akan menciptakan ketimpangan perekonomian yang begitu cepat. Bisa terlihat bahwa Pulau Jawa menjadi rumah bagi 150 juta orang Indonesia. Itu artinya, sisa dari 250 juta orang tersebar di luar Pulau Jawa.

"Pemindahan ibu kota ini banyak alasan, ketimpangan ekonomi ini yang akan kita atasi, paling tidak bisa mengurangi. Mungkin kita tidak menghilangkan ketimpangan total, tetapi menciptakan pusat pertumbuhan ke luar Jawa," ungkap dia.



Jokowi Belum Putuskan Calon Ibu Kota Baru:

[Gambas:Video 20detik]


Pindah Ibu Kota, RI bakal Belajar dari Brasil hingga Pakistan


Simak Video "Dear Pemerintah, Waspadai Isu Lingkungan yang Bisa Muncul di Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com